MANFAAT MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN ANAK TUNARUNGU
Kartu kata bergambar adalah kartu yang berisi gambar, teks atau kombinasinya yang digunakan untuk membantu dan mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Kartu kata bergambar dapat berupa kardus yang berlapis kertas yang terdiri dari sebuah kata, kalimat atau gambar diatasnya. Kedua sisi ini harus digunakan dalam pembelajaran bahasa anak. Di satu sisi berupa gambar dan di sisi sampingnya berupa kata. Kartu kata bergambar yang dikembangkan memiliki fungsi untuk mengarahkan perhatian siswa, meningkatkan kemampuan visual, mengakomodasikan siswa yang lemah dalam memahami materi yang disajikan secara verbal, membantu siswa untuk lebih mudah memahami dan mengingat materi.
- Kelebihan dan kekurangan kartu kata bergambar
Media kartu kata bergambar juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain : bersifat kongkret, mudah dibawa-bawa, praktis, gampang diingat dan menyenangkan. Sedangkan kelemahan kartu karta bergambar antara lain : gambar hanya menekankan persepsi indera mata, gambar benda yang terlalu kompleks, kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran dan ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar, namun untuk media pembelajaran pada anak tunarungu lebih efektif melalui media kartu kata bergambar karena, mengutamakan visualisasi.
Penggunaan media kartu kata bergambar dalam pembelajaran merupakan suatu proses, cara menggunakan kartu belajar yang efektif berisi gambar, teks, atau tanda simbol untuk membantu mengingatkan atau mengarahkan siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar, teks, atau tanda simbol yang ada pada kartu, serta merangsang pikiran dan minat siswa dalam meningkatkan kecakapan pengenalan simbol bahan tulis dan kegiatan menurunkan simbol tersebut sampai pada kegiatan siswa memahami arti / makna yang terkandung dalam bahan tulis.
Media kartu kata ini terbuat dari karton yang terdapat gambar benda serta nama benda tersebut. Media ini memiliki keunggulan berupa menarik perhatian anak dikarenakan gambar yang terdapat pada kartu dengan berbagai macam gambar dan warna. Selain itu,media itu terbuat dari kertas karton berukuran 8x12 cm yang tidak membahayakan pada anak. Maka dari itu penulis memodifikasi media kartu kata bergambar agar murid lebih tertarik dengan mempertimbangkan karakteristik murid tunarungu.
Adapun langkah-langkah dalam penggunaan media kartu kata bergambar pada murid tunarungu antara lain:
- Mempersiapkan murid
- Menyediakan peralatan media kartu kata bergambar. Kartu-kartu yang telah disusun dipegang setinggi dada dan menghadap ke siswa
- Murid diperintahkan untuk mengambil salah satu kata bergambar kemudian anak diminta untuk membaca kata yang diminta.
- Jika dirasa perlu,tuntunlah anak untuk melafalkan kata dengan benar
- Letakkan kembali dan pinggirkan kartu kata
- Kegiatan ini dilakukan berlulang sampai murid sudah bisa membaca beberapa kartu kata bergambar yang disediakan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H