Lihat ke Halaman Asli

Demokrasi

Diperbarui: 24 Juni 2015   16:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Demokrasi adalah suatu system pemerintahan. Salah satu Negara yang menerapkan system demokrasi adalah Indonesia. Kata Demokrasi itu sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu demos yang berarti rakyat dan cratein yang berarti pemerintahan atau memerintah. Jadi, demokrasi adalah suatu system pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Demokrasi berarti bahwa setiap manusia berhak mengeluarkan pendapat. namun pada awal pembentukannya tidak semua masyarakat di beri kebebasan dalam menyampaikan pendapat. Padahal demokrasi di bentuk untuk wadah bagi warga yang ingin menyalurkan pendapatnya.

Bagi Gus Dur, landasan demokrasi adalah sebuah keadilan. Makna keadilan di sini adalah terbukanya peluang kepada semua orang, dan berarti juga otonomi atau kemandirian dari orang yang bersangkutan untuk mengatur hidupnya, sesuai dengan apa yang dia inginkan.

Masalah keadilan menjadi penting, dalam arti setiap orang mempunyai hak untuk menentukan sendiri jalan hidupnya, tetapi hak tersebut harus dihormati dan diberikan peluang serta pertolongan untuk mencapai hal tersebut. Namun di indonesia sendiri masalah keadilan masih sangat sulit untuk dirasakan oleh warga indonesia.

Demokrasi di indonesia sangatlah kecil terutama dalam hal menyampaikan keadilan dan mengeluarkan pendapat. Banyak dari rakyat kecil yang selalu di abaikan oleh pemerintah. Padahal aspirasi dan pendapat rakyat sangat lah penting untuk di dengar.

Dalam hal pemilihan umum saja indonesia baru menerapkan pemilu yang bersistem demokrasi pada masa cabinet pertama Presiden SBY. Disinilah kelemahan bangsa indonesia. Dalam pemilu saja masih banyak kecurangan yang dilakukan oleh para oknum yang akhirnya membuat warga tidak bisa mengeluarkan hak suara sesuai dengan keinginannya.

Sebaiknya system demokrasi di indonesia harus lebih di perbaiki lagi. Terutama dalam hal mendengarkan aspirasi atau pendapat rakyat. Dari rakyat saja sudah tidak merasakan keadilan gimana akan berjalan baik system demokrasi di Negara ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline