Lihat ke Halaman Asli

lia novian

Mahasiswi

APE untuk Pengembangan Motorik Halus

Diperbarui: 20 Oktober 2021   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hai, balik lagi nih aku...

Jadi, di minggu kemarin aku sudah membahas sedikit tentang APE untuk pengembangan motorik kasar untuk kali ini aku akan membahas sedikit tentang alat permainan edukatif (APE) untuk mengembangkan motoric halus pada anak usia dini (AUD)

Sebelum kita membahas kira-kira apa aja sih alat permainan edukatif yang bisa mengembangkan kemampuan motoric halus pada anak, adakalanya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu motoric halus. Jadi motoric halus adalah gerakan yang dikendalikan oleh otot-otot kecil yang memerlukan koordinasi antara mata dan juga tangan yang meliputi gerakan memegang, menulis, meremas dan lain sebagainya. 

Keterampilan  motoric ini juga bisa membantu dalam melakukan pekerjaan yang dilakukannya menggunakan tangan. Oleh sebab itu motoric halus adalah salah satu aspek perkembangan yang harus dimaksimalkan karena sangat di butuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Adapun tujuan dari pengembangan motoric halus yaitu untuk melatih korrdinasi antara tangan dan juga mata yang kemudia bisa dikembangkan melalui kegiatan permainan seperti membentuk tanah liat, memotong, menempel, melukis dan juga merangkai benda-benda dengan benang. 

Jadi, pemberian stimulasi ini bertujuan untuk mematangkan otot-otot kecil pada tangan sang anak dalam mempersiapkan kegiatan menulis atau atau keterampilan lainnya yang ada pada diri anak menuju jenjang pendidikan selanjutnya. Ada beberapa faktor juga yang bisa mempengaruhi perkembangan motoric halus pada anak yaitu:

  • Perkembangan system syaraf, faktor ini sangat berpengaruh karena syaraf berperan penting dalam mengontrol aktivitas motoric pada tubuh manusia.
  • Kondisi fisik, dalam perkembangan motoric halus pasti berkaitan erat dengan fisik. Oleh sebab itu, fisik juga sangat berpengaruh dalam berkembangnya keterampilan motoric halus manusia.
  • Aspek psikologis, kondisi psikis atau kejiwaan juga membawa pengaruh terhadap perkembangan motoric halus karena kondisi psikologis ini bisa membantu anak untuki berani dalam mengaktualisasikan dirinya sehingga keterampilan motoric tersebut bisa berkembang.
  • Usia, usia juga berpengaruh terhadap motoric halus anak karena setiap rentang usia itu anak mempunyai keterampilan yang berbeda-beda.

Adapun alat permainan edukatif (APE) untuk mengembangkan motoric halus pada anak usia dini adalah sebagai berikut:

Plastisin, adalah salah satu jenis alat permainan edukatif yang dianggap bisa mengembangkan keterampilan motoric halus pada anak usia dini. Dalam membentuk plastisin jari-jari tangan anak akan terlibat sehingga secara tidak langsung keterampilan motoric halus pada anak terstimulasi tanpa anak-anak meyadari bahwa kegiatan yang mereka lakukan itu merupakan proses pembelajaran ayang mempunyai tujuan untuk mengembangkan keterampilan motoric halus mereka. Dalam kegiatan plastisin ini kegiatan yang dilakukan anak adalah mencubit, meremas, menyendok dan membentuk benda sesuai dengan imajinasi sang anak, sehingga kegiatan ini bisa meningkatkan keterampilan motoric halus sang anak. dalam bermain plastisin ada beberapa tahapan yang dilakukan ketika bermain plastisin diantara nya adalah sebagai berikut:

Tahap Pembukaan dalam tahap ini, biasanya sebelum memulai kegiatan di awali dulu dengan berdoa ataupun menenagkan pikiran pada sang anak supaya anak ketika kegiatan berjalan nanti mereka bisa menikmati dan bisa mencapai hasil yanf diharapkan.

Tahap Peralihan dalam tahap ini, kelompok sudah mulai terbentuk dan kemudian anak-anak mulai untuk mempersiapkan kegiatannya.

Tahap Kegiatan dalam tahap ini, anak mulai berbagi pengalaman masing-masing yang kemudian dikaitkan dengan kegiatan mereka pada saat itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline