Lihat ke Halaman Asli

Liana

Mahasiswa

Strategi Meningkatkan Pendidikan Keuangan kepada Anak-anak Panti Asuhan Samaria Fao Kasih Kota Batam oleh Mahasiswa UIB, Kelompok Mubut Island 1

Diperbarui: 5 Agustus 2024   22:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Foto Bersama Anak-anak Panti Asuhan (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Pada hari Sabtu, 27 April 2024, mahasiswa Universitas Internasional Batam, kelompok Mubut Island 1 mengunjungi Panti Asuhan Yayasan Samaria Fao Kasih.

Panti Asuhan Samaria Fao Kasih merupakan lembaga sosial di Kota Batam yang menampung, memelihara, dan mendidik anak-anak yatim/piatu maupun anak-anak yang terlantar. Lokasi Panti Asuhan ini lebih tepatnya berada di Perumahan Bandara Mas Blok A1 Nomor 24, Kota Batam, Kepulauan Riau. Dan Panti Asuhan ini sudah berdiri sejak tahun 2017.

Pada saat ini, sudah ada 32 anak yang berada di Panti Asuhan Samaria Fao Kasih, yang diantaranya ada yang masih pra sekolah, TK, SD, SMP, dan SMA/SMK.

Kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa kelompok Mubut Island 1 bertujuan untuk memberikan bantuan berupa pemberian literasi kepada anak-anak yang penting diketahui setiap individu. Selain itu, mereka juga diberikan bantuan sembako.

Kelompok Mubut Island 1 bertanggung jawab dalam penyampaian literasi, dengan tema yang diangkat adalah literasi keuangan.
Kegiatan ini literasi keuangan ini dilakukan dengan presentasi mengenai nilai uang, fungsi nilai uang, kegiatan jual beli, perbedaan barang dan jasa, kebutuhan dan keinginan, menabung uang, dan investasi.

Anak-Anak juga diajarkan langkah-langkah dalam membuat perencanaan menabung yaitu menetapkan jumlah yang akan ditabung dalam waktu tetentu (per hari, per minggu, ataupun per bulan), menetapkan target jumlah tabungan, dan menentukan jangka waktu menabung.

Dengan ini, mereka belajar untuk bertanggung jawab terhadap keuanganya, memiliki perilaku hidup hemat, mampu mengatur jumlah penyisihan dan pengeluaran, dan dapat menghargai nilai uang.

Penyampaian materi ini menjadi pembelajaran yang dapat menanamkan pemahaman anak-anak dalam hal-hal dasar keuangan dan manajemennya.

Mahasiswa kelompok Mubut Island 1 memaparkan literasi ini dengan cara yang menarik dan mudah dipahami bahasanya, sehingga hal ini bisa relevan bagi anak-anak di Panti Asuhan Samaria Fao Kasih.

Gambar 2. Pemaparan Materi Literasi (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Selama penyampaian literasi, anak-anak Panti Asuhan juga diberikan buku yang  berisi materi literasi keuangan, dengan tampilan yang menarik dan bergambar. Dengan ini, harapannya mereka bisa memahami, mau mempelajari, dan membaca ulang buku tersebut di waktu yang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline