Lihat ke Halaman Asli

Liana Febria

mahasiswa

Dukung Potensi Desa, Mahasiswa KKN-K 109 Mengadakan Sosialisasi dan Praktek Pembuatan POP

Diperbarui: 16 Agustus 2023   20:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Kelompok KKN-K 109

Salah satu potensi dari desa mundurejo kecamatan umbulsari kabupaten jember ialah pertanian, banyak warga mundurejo yang bekerja sebagai petani. Mayoritas warga mundurejo juga memiliki hewan ternak, seperti sapi, kambing ataupun ayam. 

Dari fakta tersebut, akhirnya mahasiswa merancang program kerja pembuatan pupuk organik padat. Belum ada yang pernah membuat sosialisasi pembuatan pupuk organik padat sebelumnya, sosialisasi yang pernah dilakukan ialah pembuatan pupuk cair yang mana kebanyakan petani juga sudah paham cara pembuatannya. Biaya yang akan dikeluarkan apabila petani menggunakan POP dibandingkan dengan beli pupuk anorganik juga menjadi lebih terjangkau.

POP atau Pupuk Organik Padat ialah pupuk yang dibuat dari bahan organik dengan hasil akhir berbentuk padat. Bahan bahan yang digunakan untuk membuat pupuk ialah kotoran hewan, sekam kayu, EM4, tetes tebu, dan air secukupnya. Umumnya , pemakaian pupuk dengan cara langsung ditaburkan atau dibenamkan pada tanah tanpa harus dilarutkan dalam air.

Sumber: Dokumentasi Kelompok KKN-K 109

Pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023 mahasiswa KKN-K 109 mengadakan sosialisasi pembuatan Pupuk Organik Padat di kediaman kepala dusun temurejo yang bernama Bapak Supriyanto. Sosialisasi dimulai dari pukul 9 hingga pukul 11. Acara dari sosialisasi terdiri dari pembukaan, pemaparan singkat materi terkait Pupuk organik padat (POP), dan praktek pembuatan pupuk organik padat secara langsung.

Sumber: Dokumentasi Kelompok KKN-K 109

Acara berlangsung dengan sukses, dibuktikan dengan para petani dan peternak yang mengikuti sosialisasi aktif bertanya dan aktif berdiskusi. Beberapa petani dan peternak juga membawa hasil pupuk yang telah siap pakai yang sebelumnya telah dibuat oleh teman teman KKN-K 109 untuk segera diaplikasikan pada tanaman mereka. Acara ditutup dengan dokumentasi bersama panitia, pemilik kediaman, dan perani juga peternak yang megikuti sosialisasi.

Sumber: Dokumentasi Kelompok KKN-K 109




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline