Lihat ke Halaman Asli

Pertumbuhan PDB Indonesia Melesat ke Level Tertinggi

Diperbarui: 1 Juli 2023   00:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Perekonomian Indonesia memiliki peluang yang sangat besar. Sudah menjadi ekonomi terbesar ke-16 di dunia, negara kepulauan yang dinamis ini berpotensi menjadi yang terbesar ketujuh pada tahun 2030. Ini adalah ekonomi yang jauh lebih stabil daripada yang diasumsikan oleh banyak pengamat luar. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah membuat langkah besar dalam pengelolaan ekonomi makro. Inflasi turun dari dua kali lipat menjadi angka tunggal, dan utang pemerintah sebagai bagian dari PDB sekarang lebih rendah daripada di sebagian besar negara maju. Perekonomian, bagian dari kebangkitan Asia, berubah dengan cepat. Indonesia memiliki populasi muda dan dengan cepat melakukan urbanisasi, mendorong pertumbuhan pendapatan. 

Antara saat ini hingga tahun 2030, Indonesia akan menjadi rumah bagi sekitar 90 juta konsumen tambahan dengan daya beli yang besar. Pertumbuhan kelas konsumen Indonesia ini lebih kuat daripada ekonomi dunia mana pun selain China dan India, sebuah sinyal bagi bisnis internasional dan investor akan peluang baru yang cukup besar.

Tetapi Indonesia berada pada saat yang kritis. Perekonomian nusantara dihadapkan pada tiga tantangan besar hingga tahun 2030. Pertama, Indonesia menghadapi keharusan produktivitas. Perekonomian memiliki kinerja yang relatif baik pada produktivitas tenaga kerja, yang menyumbang lebih dari 60 persen pertumbuhan ekonomi selama dua dekade terakhir, sisanya dihasilkan oleh pertumbuhan angkatan kerja. Namun analisis kami menunjukkan bahwa Indonesia perlu meningkatkan pertumbuhan produktivitas sebesar 60 persen dari tingkat yang dicapai dari tahun 2000 hingga 2010 jika ekonomi ingin memenuhi target pertumbuhan PDB tahunan pemerintah sebesar 7 persen, di atas tren pertumbuhan saat ini antara 5 dan 6 persen.

Kedua, distribusi pertumbuhan yang tidak merata di seluruh nusantara dan meningkatnya ketimpangan menjadi perhatian. Indonesia mungkin ingin mempertimbangkan bagaimana memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi seinklusif mungkin. Tantangan ketiga adalah untuk memastikan bahwa Indonesia tidak menderita kendala infrastruktur dan sumber daya karena kelas konsumennya yang berkembang memberikan suntikan pertumbuhan yang disambut baik dan bahwa permintaan ini menciptakan pasar baru yang berpotensi menguntungkan. Di tahun-tahun mendatang, transformasi ekonomi sekali dalam satu generasi ini memerlukan pengelolaan yang cermat.

Laporan ini menyoroti tindakan yang dapat dilakukan Indonesia dalam tiga sektor utama layanan konsumen, pertanian dan perikanan, serta sumber daya untuk mendorong produktivitas dan menghilangkan hambatan pertumbuhan. Selain itu, kami menyoroti cara untuk mengatasi kekurangan keterampilan yang akan datang di semua sektor. Jika Indonesia merangkul keempat bidang prioritas ini, Indonesia memiliki peluang untuk membangun keberhasilan baru-baru ini dan menciptakan platform ekonomi yang produktif, inklusif, dan tangguh dalam jangka panjang.

Perekonomian Indonesia, saat ini terbesar ke-16 di dunia, telah menunjukkan kinerja yang kuat selama satu dekade terakhir atau lebih. Selama sekitar satu dasawarsa terakhir, india memiliki volatilitas pertumbuhan ekonomi terendah di antara ekonomi maju mana pun di Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) atau BRIC (Brazil, Rusia, India, dan China) plus Afrika Selatan.

Utang pemerintah sebagai bagian dari PDB telah turun sebesar 70 persen selama dekade terakhir dan sekarang lebih rendah dari 85 persen negara-negara OECD. Inflasi telah menurun dari 20 persen menjadi 8 persen dan sekarang sebanding dengan perekonomian yang lebih matang seperti Afrika Selatan dan Turki. Menurut laporan daya saing Forum Ekonomi Dunia tentang Indonesia, pada tahun 2012 negara ini menempati peringkat ke-25 dalam hal stabilitas ekonomi makro, sebuah peningkatan dramatis dari peringkat tahun 2007 di peringkat ke-89. india kini mengungguli Brasil dan India, serta beberapa negara tetangga ASEAN termasuk Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Kesalahpahaman lainnya adalah bahwa pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia hampir secara eksklusif di Jakarta; faktanya, banyak kota lain di Indonesia tumbuh lebih pesat, meski dari basis yang lebih rendah. Pusat kota dengan pertumbuhan tercepat adalah kota kelas menengah besar dan menengah dengan lebih dari dua juta penduduk (tidak termasuk Jakarta), yang mencatat pertumbuhan rata-rata tahunan sebesar 6,4 persen sejak tahun 2002, dibandingkan dengan Jakarta sebesar 5,8 persen. Kota-kota ini meliputi Medan, Bandung, dan Surabaya serta sebagian Jabodetabek seperti Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Indonesia juga bukan, seperti yang diasumsikan banyak orang, pengekspor manufaktur tipikal Asia yang didorong oleh pertumbuhan angkatan kerjanya atau pengekspor komoditas yang didorong oleh kekayaan sumber daya alamnya. Kenyataannya adalah bahwa, untuk sebagian besar, konsumsi domestik daripada ekspor, dan jasa daripada manufaktur atau sumber daya, yang mendorong pertumbuhan. Ekspor Indonesia sebagai bagian dari PDB kira-kira setengah dari Malaysia pada tahun 1989, ketika pendapatan rata-rata Malaysia berada pada tingkat yang sama dengan pendapatan Indonesia saat ini. Porsi ekonomi sektor sumber daya sebenarnya telah turun sejak tahun 2000 meskipun harga sumber daya melonjak. Pertambangan dan minyak dan gas menyumbang hanya 11 persen dari PDB nominal Indonesia, mirip dengan ekonomi yang lebih maju seperti Australia (8,4 persen) dan Rusia (11 persen). Memang, Indonesia adalah pengimpor minyak bersih. Sebaliknya, jasa menyumbang kira-kira setengah dari output ekonomi.

Selama dua dekade terakhir, peningkatan produktivitas tenaga kerja menyumbang lebih dari 60 persen pertumbuhan ekonomi dengan sisanya berasal dari input tenaga kerja yang lebih banyak karena bertambahnya populasi usia kerja. Mungkin mengejutkan, sebagian besar perolehan produktivitas Indonesia bukan berasal dari perpindahan pekerja dari pertanian dengan produktivitas rendah ke sektor yang lebih produktif, tetapi dari peningkatan produktivitas di dalam sektor. Tiga sektor yang memberikan kontribusi terbesar dalam peningkatan produktivitas ini adalah perdagangan besar dan eceran, pembuatan peralatan dan peralatan transportasi, serta transportasi dan telekomunikasi. Dan bertentangan dengan anggapan umum bahwa produktivitas meningkat dengan mengorbankan lapangan kerja, keduanya telah meningkat secara bersamaan di Indonesia dalam 35 dari 51 tahun terakhir.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline