Lihat ke Halaman Asli

babarol

Mahasiswa Jurusan Fisika Angkatan 2019 Universitas Brawijaya

Buat Kamu yang Pengin Jadi Content Creator, Sini Aku Pamerin Keseruan Ikut Creator Academy!

Diperbarui: 25 Juli 2023   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keseruan Ikut Creator Academy (Foto: kompasiana.com)

Awal kisah, aku mau nyeritain dulu hal yang paling buat aku nyesel di Creator Academy Batch 1 ini. Loh, kok nyesel, emangnya kenapa? Nggak seru? Ngebosenin? Nggak menarik? Eitss... No... No... No... Bukan itu yang buat aku nyesel, tapi karena aku nggak bisa ikut Creator Academy di hari pertama lantaran sakit. Huaa... Sedih banget nggak, tuh? Padahal materi di hari pertama tuh menarik banget terkait critical thinking dan writing yang disampaikan oleh Mbak Widha.

But, mau gimana lagi! Namanya sakit nggak bisa dikontrol. Tapi ya udah, nggak masalah... Untungnya di hari kedua dan ketiga aku masih bisa ikut. Acaranya gimana, sih? Yang pasti seru banget, dong! Pematerinya asyik dan materi yang dibawakan tentunya juga menarik. Sumpah! Beruntung banget aku bisa ikut Creator Academy Batch 1 ini.

Oh iya, FYI kalau peserta Creator Academy Batch 1 ini diambil dari para pemenang KlasMiting Kompasiana 2023 yang diadakan pada bulan Februari lalu. Kategori KlasMiting-nya tentu bukan cuma Writing Competition doang, tetapi ada juga kategori Video Competition dan Cerdas Cermat.

Oke, kita lanjut keseruan ikut Creator Academy di hari kedua. Hari pertamanya skip karena akunya sakit, hehe. Di hari kedua, kita mendapatkan materi terkait Social Media yang disampaikan oleh Kak Luthfi Kurniawan. 

Beliau ini adalah seseorang yang bekerja di bidang Social Media & Video Productio di Kompas Gramedia. Bersama beliau, kami membahas tuntas terkait bagaimana sih mengoptimalkan media sosial agar dapat memberikan potensi baik bagi kita. Nah, dari materi ini juga nih aku terinspirasi untuk menulis artikel terkait pentingnya media sosial di sini.

Pada hari kedua sesi pertama tersebut, Kak Luthfi membahas tuntas terkait apa itu media sosial, bagaimana cara beretika dalam menggunakan media sosial, serta bagaimana peluang dan risiko yang ada dalam media sosial. Salah satu yang aku garis bawahi dari materi ini adalah media sosial dapat memperluas pengaru dan dapat mem-branding diri kita.

Lantas, gimana sih caranya? Kata Kak Luthfi, untuk dapat memperluas pengaruh dan meningkatkan branding diri kita bisa dimulai dengan memberikan opini terhadap isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan. 

Dengan kita memberikan opini, orang akan notice keberadaan kita dan tau kalau ternyata kita itu punya pandangan sendiri terhadap isu tersebut. Selain itu, dengan beropini kita dapat melatih diri kita untuk berpikir kritis.

Penyampaian Materi oleh Kak Bella tentang Strategi Konten (Foto: dokpri)

Kemudian, pada sesi kedua hari kedua, kami membahas tuntas terkait gimana sih cara membuat konten yang menarik di media sosial? Materi tersebut dibahas dengan apik oleh Kak Bella Feryana salah seorang Beauty Content Creator dan Campaign Strategist Kompas Gramedia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline