Lihat ke Halaman Asli

Trisno Utomo

TERVERIFIKASI

Hari Pertama Sekolah: Mengantar Anak ke Sekolah

Diperbarui: 15 Juli 2016   14:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Serah terima tanggung jawab dan pendampingan belajar dari perwakilan orang tua peserta didik baru kepada sekolah. Sumber gambar: sdstradabl2.wordpress.com

Dewasa ini, terasa semakin menguat kecenderungan orang tua menjadi tidak acuh atau tidak peduli terhadap proses belajar yang dijalani putra-putrinya. Ada yang disebabkan oleh tingkat pendidikan dan pengetahuan orang tua yang memang tidak memadai, tetapi sebagian besar disebabkan oleh tidak adanya kehendak dan waktu akibat kesibukan orang tua dalam mencari nafkah.

Padahal dengan kondisi lingkungan sosial kemasyarakatan saat ini yang semakin memburuk (kenakalan remaja, pornografi, pelecehan seksual, narkoba, dan lain-lain), mestinya orang tua harus lebih memperhatikan pendidikan putra-putrinya.

Keluarga adalah tempat pertama dan utama bagi anak-anak dalam menerima pendidikan, yang membimbing pertumbuhan cipta, rasa, karsa, karya, dan kepribadian anak, untuk mencapai kondisi kedewasaannya. Baru setelah itu anak-anak akan mengenyam pendidikan di sekolah dan pendidikan di dalam masyarakat.

Pada ketiga lingkungan pendidikan tersebut (keluarga, sekolah, dan masyarakat), yang harus dan paling bertanggung jawab terhadap pendidikan anak adalah orang tua.

Pendidikan anak tanggungjawab orang tua. Sumber gambar: krjogja.com

Salah satu bentuk tanggung jawab orang tua tersebut adalah mengantar anak ke sekolah, terutama pada #HariPertamaSekolah. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, mencanangkan “Gerakan Mengantar Anak di #HariPertamaSekolah.”

Secara lebih luas, tugas dan tanggungjawab orang tua untuk “mengantar anak ke sekolah” mempunyai berbagai fungsi, yang memungkinkan keberhasilan anak dalam menjalani proses belajar di sekolah.

Mempersiapkan Anak

Sejak anak lahir, orang tua harus merawat anak dengan baik sehingga memiliki kesehatan yang terjaga. Untuk mengikuti proses belajar di sekolah anak perlu memiliki kesehatan yang baik. Bila ada gangguan kesehatan, misalnya pada penglihatan atau pendengaran, akan sangat mempengaruhi kemampuan anak dalam menerima materi pelajaran.

Mendidik anak di dalam keluarga akan memberikan dasar-dasar bagi pendidikan selanjutnya di sekolah. Cipta, rasa, karsa, karya dan kepribadian anak harus sudah didasari dan dibentuk di dalam keluarga. Di sekolah akan dikembangkan lebih lanjut melalui pendidikan formal menggunakan rencana pelajaran (kurikulum) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kesalahan dalam mendidik anak sewaktu anak masih kecil, akan dapat berpengaruh pada hasil pendidikan di kemudian hari. Oleh karena itu perlu diwujudkan kondisi keluarga tempat dimana anak dibesarkan, sebagai keluarga yang harmonis dan memenuhi syarat-syarat psikologis dan fisik.

Hari Pertama Sekolah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline