Lihat ke Halaman Asli

Leya Cattleya

TERVERIFIKASI

PEJALAN

Harga Bagasi Pesawat Bukan Hanya soal Rupiah per Kilo

Diperbarui: 15 Januari 2019   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Pixabay)

Lion Air memberlakukan ketentuan baru tentang bagasi untuk penerbangan domestik. Tarif bagasi tambahan tersebut adalah Rp 155 ribu untuk bobot 5 kilogram (kg), Rp 310 ribu untuk 10 kg, Rp 465 ribu untuk 15 kg, Rp 620 ribu untuk 20 kg, Rp 755 ribu untuk 25 kg, dan Rp 930 ribu 30 kg ribu.

Air Asia telah memiliki penetapan semacam ini di tahun 2018, sementara Citilink diberitakan akan mengikuti. Apa yang terjadi? 

Berbagai tulisan dan komentar bermunculan. Pada umumnya, tulisan melihat penyebabnya adalah bahwa Lion Air sedang punya persoalan keuangan, dan mereka mencari dana dari setiap kilo bagasi penumpang.

Dengan adanya tuntutan keselamatan dan ketepatan jam terbang, persoalan persoalan yang mempengaruhi harga menjadi penting.

Sebetulnya, ketentuan dan harga bagasi juga dialami banyak perusahaan penerbangan. Alasan alasan penetapannyapun berbagai.

Di Amerika, komentar juga muncul atas penetapan peningkatan harga bagasi sejak 2015. Megan McArdle seorang kolumnis di Washington terkait isu ekonomi dan keuangan yang sering  tidak disukai banyak perusahaan, pernah mengatakan bila penetapan harga berdasar berat, itu masuk akal.

Pada kasus Amerika, penetapan harga bagasi hendak memindahkan beban yang ada pada tiket ke bagasi. Perusahaan  terbebas dari pajak 7,5% yang ada pada tiket. Hal ini karena pajak tidak dikenakan ada komponen layanan.

Bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa alasan alasan konvensional dari penetapan harga pada bagasi hampir tidak sesuai, kecuali untuk alasan pajak, yang memang menjadi signifikan.

Untuk kasus United Airlines, adanya penetapan harga bagasi mendatangkan $700 juta per tahun (2017). Hal ini disebabkan beberapa hal, antara lain :

  1. Orang akan cenderung membatasi bagasi dan membagi sedikit bawaan. Hal ini menghemat waktu 'check in' bagasi yang memakan 1 sd 2 menit untuk memasukkan tiap unit bagasi ke badan pesawat.
  2. Barang yang dimasukkan ke 'Cabin' memakan waktu paling tidak 1 menit.

'Boarding' dari penumpang dengan layanan 'Elite frequent flyers' dapat naik lebih cepat, tidak menahan penumpang lain.

Tambahan tambahan waktu adanya bagasi yang berlebih menjadikan perusahaan penerbangan rugi banyak dalam hal waktu, dan mempengaruhi ketepatan waktu terbang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline