Lihat ke Halaman Asli

5 Risiko Berbisnis Online Bagi Pemula

Diperbarui: 10 November 2017   07:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar : https://pixabay.com

Pada saat ini, berbisnis online telah menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Dengan kemudahan untuk membuka toko online membuat peluang bisnis ini semakin diminanti.

Banyak orang yang meluncurkan bisnis mereka dan mengharapkan kesuksesan.
Namun fakta yang sering terjadi adalah banyak pemula yang mengalami kegagalan. Hal ini dikarenakan mereka tidak mengetahui resiko dalam berbisnis online.

Oleh sebab itu, sebelum anda memulai bisnis online, sebaiknya anda mempelajari resiko bisnis online. Dengan demikian anda dapat mengantisipasi dan meminimalisasi resiko yang akan terjadi.

Untuk  memahami  resiko apa saja yang harus anda hadapi maka saya akan memberikan anda beberapa resiko berbisnis online.

1. Persaingan pasar ketat

Sumber Gambar : https://pixabay.com

Peluang usaha online yang menguntungkan ini membuat banyak orang yang mulai terjun ke bisnis online.
Banyaknya pebisnis online pemula ini telah membuat persaingan bisnis online semakin ketat. Mereka berlomba dan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan.

Oleh sebab itu, anda harus harus memiliki pengetahuan dan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kesuksesan bisnis online anda.

2. Resiko bisnis online tidak berkembang

Sumber Gambar : https://pixabay.com

Bisnis online tidak berkembang merupakan penyebab terbesar kegagalan pemula. Banyak hal yang membuat usaha online tidak berkembang.

Salah satu penyebab toko online adalah disebabkan pemilik tidak dapat melakukan promosi dan melakukan branding dengan baik. Sebaiknya anda harus memiliki pengetahuan tentang promosi dan cara melakukan branding.

Anda juga harus mengembangkan inovasi untuk mengembangkan bisnis dan menghadapi kompetisi pasar.

3. Permintaan pasar yang tidak menentu

Sumber Gambar : https://pixabay.com

Resiko yang harus anda hadapi adalah tren permintaan pasar yang tidak menentu. Tren yang tidak menentu maka anda harus memilik strategi tersendiri untuk melayani tren permintaan konsumen yang selalu berubah.

Tentunya ini merupakan tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis online  ditambah lagi dengan stok barang yang harus dipikirkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline