Lihat ke Halaman Asli

IQ +EQ+RQ =Sukses

Diperbarui: 18 Juni 2015   03:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Untuk beberapa dekade Kepintaram seseorang didefinisikan berdasarkan  IQ (intelligence quotient). Namun banyak orang telah mengetahui bahwa IQ sangat kurang dalam hal tertentu. Sering kali orang dengan IQ yang sangat tinggi memiliki keterampilan sosial yang buruk. Jadi seberapa pintar seseorang tak aada artinya  jika mereka memiliki masalah berinteraksi dengan orang lain. Banyak  sekali orang dengan rata-rata atau bahkan rendah IQ  memiliki pemahaman yang lebih baik untuk keterampilan sosial.

Tidak di pungkiri kecerdasan algorithmic" IQ"  kebanyakkan orang masih menganggap paling tinggi dan penting.  Namun  para ahli menemukan ada dua hal lainnya yang mengikuti untuk menjadi seseorang yang cerdas dan sukses.  Kedua hal penting lainnya adalah  Emotional Intelligence (EQ) dan Rationality Quotient’ (RQ)

Hal ini dalam arti tertentu adalah perbedaan klasik antara  buku cerdas  dan  jalan cerdas . IQ adalah buku cerdas sedabgkan  RQ dan EQ yang sehari-hari dikenal sebagai jalan cerdas. Kebanyakan orang memiliki gagasan yang kabur tentang apa "jalan cerdas" . Secara RQ menyangkut hal hal sebagai  berikut

Menyadari bias kognitif pada diri dan orang lain

mengadopsi tujuan yang tepat

Tujuan prioritas

mengambil tindakan yang diberikan yang tujuan dan keyakinan yang tepat

memegang keyakinan yang sepadan dengan bukti yang tersedia; kalibrasi yang tepat dari bukti

reflektifitas

Dr.Stanovich menciptakan istilah "Dysrationalia" untuk menentukan bagaimana seseorang berpikir dan berperilaku tidak rasional walaupun memiliki kecerdasan yang memadai.

Rasionalitas baru-baru ini telah menjadi area yang menarik sejak Daniel Kahneman dan Amos Tversky, dua psikolog memenangkan hadiah Nobel di bidang Ekonomi. Ekonomi perilaku adalah disiplin baru yang telah mengambil tugas mencoba memahami rasionalitas secara khusus bagaimana berkaitan dengan pengambilan keputusan investasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline