Lihat ke Halaman Asli

Super Hero Gullit Si Jago Dullah dan Si Pohon Mangga

Diperbarui: 22 Desember 2018   15:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar pixabay

Fabel

Cerita anak fabel

Alkisah di suatu negeri  Rangga ada seekor ayam jago yang bernama Dullah dan seekor anak anjing bernama Super Hero Gullit. 

Si Jago Dullah memiliki anak-anak sebanyak  tiga ekor serta betinanya ada dua ekor. Dua ekor betinanya bernama Dora dan Deri. Mereka selalu bersama-sama, tapi Si Deri seekor ayam yang pencemburu karena dia belum memiliki anak-anak, sedangkan Si Dora sangat disayang sama Si Jago Dullah. Kemana-mana selalu beriringan dan sangat menjaga anak-anak mereka dari gangguan Si Super Hero Gullit. Si  Betina Deri sering marah dan  mematuk kepala  Si Betina Dora apalagi saat anak-anaknya di dalam dekapannya. Tidak hanya itu Betina Deri juga sering mematuk kepala anak-anak Si Betina Dora. Betina Dora hanya mengalah dan menjauh dari Si Betina Deri. Dan membujuk Si Jago Dullah agar memperhatikan Si Betina Deri. Nah sejak saat itu Si Jago Dullah tidak pernah lagi mengikuti Si Betina Dora. Nanti Betina Deri cemburu lagi. Si Betina Deri akhirnya senang dan tidak mengganggu Si Betina Dora.

Si Betina Deri dengan wajah siriknya, melihat Si Betina Dora, lihatlah nanti kalau sang Jago Dullah tidak ada di sampingmu akan kuhabisi kau dan anak-anakmu rutuk Si Betina Deri dalam hati sambil memandang dari jauh kekompakan Si Jago Dullah dan Si Betina Dora.

Super Hero Gullit suka mengejar anak-anak mereka yang masih imut-imut, tapi itu hanya sebatas bermain saja. Super seekor anak anjing yang lucu, dia senang berlari-lari dan bermain-main. Apalagi kalau bersama Si Jago Dullah mereka sering kejar-kejaran sampai Dullah terpaksa terbang ke atas pohon Mangga. Pohon Mangga hanya tertawa melihat kelakuan mereka.

"Kalian itu sangat lucu, kalian tidak cape setiap hari kejar-kejaran?" kata Pohon Mangga.

"Kami tidak pernah cape Pohon Mangga, main kejar-kejaran adalah hal yang mengasyikkan," kata Si Super.

"Iya Pohon Mangga, kami jadi sehat, segar jika kami selalu berlari dan bermain setiap hari seperti ini." Kata Si Dullah.

"Aku ingin juga seperti kalian sayang ya aku hanya bisa tertancap dan diam di sini." Kata Pohon Mangga dengan sedih.

Dullah dan Super berusaha menenangkan hati Si Pohon Mangga. Dan mengatakan bahwa semua mahluk hidup punya kelebihan masing-masing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline