Lihat ke Halaman Asli

Tips Mengurangi Resiko Terpapar Radiasi Ponsel

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Siapa sih di dunia ini yang tidak punya ponsel atau handphone??

Hmmm, pasti punya semua kan? Sayangnya, masyarakat kita masih kurang paham dengan bahaya radiasi ponsel yang ada di sekitar kita. Ponsel ternyata menyalurkan radiasi yang sangat besar ke lho ke dalam tubuh. Akibatnya bisa sangat berbahaya. Nah, untuk mengurangi resiko terpapar radiasi ponsel, ada baiknya anda perhatikan hal-hal berikut ini:

Gunakan Loudspeaker

Ponsel jaman sekarang hampir semuanya dilengkapi dengan fitur loudspeaker atau pengeras suara. Menelpon dengan menggunakan handset langsung bisa membuat kuping panas dan menyalurkan efek radiasi yang lebih besar. Penggunaan loudspeaker akan megurangi radiasinya. Apalagi jika anda menggunakan loudspeaker jauh dari jangkauan kepala.

Gunakan Handsfree

Penggunaan handsfree lebih diutamakan untuk menelpon ketimbang penggunaan langsung. Dengan handsfree, anda akan lebih mudah mengontrol volume suara yang didengar. Selain itu, anda bisa melakukan aktifitas lain selagi menelpon dengan handsfree.

Jangan Gunakan Handsfree Wireless Bluetooth

Perangkat ini banyak digunakan karena kepraktisannya. Tanpa kabel yang panjang menjulur, menjadikannya salah satu alternatif favorit para pengguna ponsel saat menelpon. Tapi penggunaan Bluetooth akan membuat efek radiasi jadi lebih tinggi. Selain itu, penggunaan baterai ponsel juga akan lebih boros.

Jangan Terlalu Lama Menelpon

Hmmm…. Bukan mau melarang anda yang suka bertelepon. Tapi ada baiknya memang anda membatasi percakapan di telpon. Efek radiasi yang lebih besar akan terus timbul ketika ponsel digunakan untuk menelpon. Selain itu, anda juga jadi boros pulsa kan? Hehe. Eh, janga lupa juga, sebaiknya jika menelpon lama, gunakan telingan kiri dan kanan secara bergantian.

Jangan Menelpon Ketika Sinyal Melemah

Alasannya, percuma karena pembicaraan anda tidak akan terdengar jelas. Selain itu, ketika sinyal mulai melemah, ponsel akan terus bekerja keras mencari sinyal. Hal ini bisa menimbulkan radiasi yang sangat tinggi.

Nah, mudah-mudahan tipsnya bermanfaat. Selamat dicoba yah 

URL: http://lestaritania.blogdetik.com/2011/10/11/tips-mengurangi-resiko-terpapar-radiasi-ponsel/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline