Lihat ke Halaman Asli

VitaDwii

Mahasiswa UIN KHAS Jember

Dampak Buruk Konsumsi MSG Berlebihan bagi Kesehatan

Diperbarui: 15 Oktober 2023   10:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Monosodium glutamat (MSG) adalah garam natrium dari asam glutamat. MSG mengandung sekitar sepertiga natrium  garam meja dan digunakan dalam jumlah yang lebih kecil. Ketika MSG digunakan dalam kombinasi dengan sedikit natrium, hal ini dapat membantu  mengurangi jumlah total natrium dalam resep sebesar 20-40% dengan  tetap mempertahankan rasa. Glutamat merupakan asam amino alami yang terdapat pada sebagian besar makanan, terutama makanan kaya protein  seperti  susu, daging, ikan, dan sayuran. MSG yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa, seperti jamur dan tomat yang memiliki kandungan glutamat normal. Tubuh manusia juga memproduksi glutamat dan berperan penting dalam fungsi normal tubuh.

 Meski diperbolehkan digunakan sebagai penyedap makanan, penggunaan MSG yang terlalu banyak dapat menyebabkan pusing dan mual. Gejala ini disebut sindrom restoran Cina. MSG pada makanan yang dikonsumsi seringkali berbahaya bagi kesehatan karena MSG  terurai menjadi natrium dan glutamat. Garam pada MSG mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan garam sebesar 20-30%, sehingga konsumsi MSG yang terlalu banyak akan meningkatkan konsentrasi garam dalam darah.

Jajanan kaki lima sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, baik di perkotaan maupun  pedesaan. Diperkirakan konsumsi jajanan  masyarakat  terus meningkat karena terbatasnya waktu anggota keluarga untuk menyiapkan makanan sendiri. Keunggulan  jajanan kaki lima adalah harganya yang murah, mudah ditemukan, dan memiliki rasa yang cocok untuk masyarakat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kelezatan makanan mampu menambah kenikmatan makan. Berbagai metode digunakan untuk membuat hidangan  lezat. Salah satunya dengan menambahkan sedikit  penyedap rasa instan (MSG) pada masakan. MSG yang mengandung air, natrium, dan glutamat  mudah didapat dan  murah. Oleh karena itu, hal ini seringkali membuat kita lupa akan dampak yang ditimbulkan dari konsumsi MSG.

Usia atau tahap pertumbuhan anak-anak  lebih sensitif terhadap efek MSG dibandingkan kelompok dewasa. Dibalik kelezatan rasa yang dibawa oleh vetsin, terdapat banyak penyakit berbahaya yang mengintai di dalam tubuh Anda. Penelitian saat ini menemukan bahwa efek kesehatan  jangka pendek dari MSG (kompleks gejala MSG) meliputi mual, sakit kepala, kantuk, keringat berlebih, wajah dan leher  panas, dan wajah  kaku, takikardia, nyeri dada, kesemutan. Sedangkan efek jangka panjang MSG antara lain gangguan fungsi otak, sindrom restoran Cina (Chinese restauran syndrome), kanker, alergi, kecanduan, hipertensi, obesitas, kerusakan retina, kerusakan hipotalamus dan struktur otak lainnya, sakit kepala (magrain). ), eksaserbasi autisme dan hiperaktif, eksaserbasi serangan asma dan menyebabkan alergi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline