Lihat ke Halaman Asli

lestari fitriyaningsih

Seorang ibu rumah tangga dengan dua orang putra

Arti Bahagia

Diperbarui: 19 Desember 2020   22:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bahagia adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Dan merupakan suatu kata sifat. Sehingga sebenarnya bahagia itu lahir dari diri kita sendiri. Kita yang tahu kita bahagia atau hanya pura-pura bahagia. Karena tolak ukur kebahagiaan itu sejatinya ada di dalam diri kita sendiri. Dan senyum adalah salah satu indikator kebahagiaan seseorang.

Semburat senyum yang terpancar dari mimik wajah seseorang akan terlihat bahwa dia benar-benar bahagia atau hanya pura-pura bahagia. Karena senyum bahagia itu akan muncul dengan sendirinya,lain hanya dengan senyum terpaksa pasti akan ada tanda keterpaksaan yang muncul dari wajah.

Membawa kebahagiaan bagi orang lain adalah suatu hal baik yang perlu kita lakukan, karena bahwasanya manusia itu tidak bisa hidup sendiri. Seperti wejangan orang tua saya "Nyenengno wong liyo iku sejatine nyenengno awake dewe, walikane yo ngono, nyusahno wong liyo iku sejatine nyusahno awake dewe. (Membahagiakan orang lain itu sejatinya membahagiakan diri sendiri, sebaliknya pun begitu, menyusahkan orang lain itu sejatinya menyusahkan diri sendiri.)".

Bukan sekedar kata mutiara yang tak terealisasi, namun itu adalah nasihat yang tercermin lewat perbuatan dan kebiasaan beliau sehari - hari. Maka jadilah seseorang yang bisa membawa kebahagiaan buat orang lain. Tidak perlu dari sebuah materi, tapi lewat senyuman yang kita berikan itu sudah merupakan salah satu wujud nyata bahwa kita telah berbagi kebahagiaan kepada orang lain.

Seperti halnya tugas seorang kurir. Secara kasat mata tugas mereka adalah mengantarkan barang atau dokumen kepada customer. Namun sesungguhnya tugas mereka mulia. Tidak hanya mengantar barang atau dokumen saja. Tapi mereka telah mengantarkan dan menghubungkan suatu kebahagiaan dari pengirim kepada customer.

Mereka telah membawa kebahagiaan yang telah diberikan oleh pengirim, lewat barang atau dokumen yang dikirimkan kepada customer. Lewat teriakan "Paakeeeeet..." yang dilontarkannya, serta senyum manis yang diberikan oleh seorang kurir kepada customer telah membawa energi positif juga kepada customer, sehingga senyum sumringah pun terpancar di raut wajah customer saat menerima paket. Itulah arti 'connecting happiness' yang sesungguhnya buat saya.

Bukannya hal pengirim yang bahagia tapi customer pun ikut merasakan kebahagiaan itu. Bahagia memperoleh apa yang dia mau bagi customer. Dan bahagia atas barang yang berhasil dikirim atau dijual bagi si pengirim. Serta kurir pun bahagia atas tugas yang diembannya telah terlaksana dengan baik. Walaupun panas terik,hujan badai tak menjadi kendala baginya. Karena kurir selalu penuh tanggung jawab dalam mengemban tugasnya.

Agar customer menerima barang atau dokumen dengan selamat tanpa ada cacat sedikitpun. Oleh karena itu selalu tebarkanlah kebahagiaan dimana saja dan kapan saja. Karena bahagia yang lahir tulus dari dalam diri kita pasti akan membawakan energi positif bagi siapa saja yang melihatnya. Bahagia yang kamu berikan dapat mengubah dunia duniamu sendiri dan juga dunia orang lain.

Ayo kawan semua mari kita berlomba-lomba dalam berbagi kebahagiaan. Jangan sampai kita terkurung akan kesedihan yang terlalu berlarut-larut. Karena kesedihan yang terlalu berlarut-larut akan menimbulkan kesengsaraan bagi kita sendiri dan juga orang lain. Mulailah bahagia dengan memberikan senyum sumringah kita bagi orang tua, saudara dan juga tetangga. Dan mereka pasti pun akan membawa bahagia mereka untuk yang lain juga.

#jne #jne30tahun #connectinghappiness #30tahunbahagiabersama




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline