Lihat ke Halaman Asli

Lestari Aulia

KELOMPOK KKN 32

Akselerasi Pengembangan Wisata dan Preventif Sebaran Covid-19 Bersama KKN 32 UM Jember di Desa Sumber Rejo,ijen.

Diperbarui: 13 Februari 2022   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jember – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember yang tergabung dalam pelaksanaan KKN 2022, Kelompok 32,  di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, melakukan serangkaian kegiatan di minggu pertama pasca penerjunan KKN. Tema besar yang menjadi fokus pada KKN tahun ini adalah mengenai “Covid-19” dan “Pariwisata”. Tema Covid-19 menjadi tema pada program wajib yang harus dilakukan, karena selain masih menjadi salah satu fokus pemerintah dalam hal penanggulangan penyebaran, informasi seputar covid-19 di pedesaan masih sangat terbatas, sehingga keberadaan mahasiswa KKN diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dan memberikan manfaat dalam penyediaan fasilitas kesehatan yang berkaitan dengan Covid-19.

Topik wisata juga tak kalah menarik bila menjadi tema besar dalam program KKN di Kabupaten Bondowoso. Meskipun Bondowoso tidak memiliki banyak destinasi wisata pantai, akan tetapi Bondowoso memiliki kekuatan potensi wisata pegunungan dan perbukitan yang tak kalah menarik. Hal tersebut juga disampaikan dan merupakan permintaan langsung dari Dinas Pariwisata Bondowoso. bahwa Kabupatan Bondowoso memiliki banyak tawaran wisata, sehingga harapannya mahasiswa KKN dapat membantu pengembangan potensi wisata yang ada.

Dokumentasi : Upacara pembukaan KKN 2022 

Penerjunaan KKN Universitas Muhammadiyah Jember diawali dengan pembukaan upacara yang dilakukan di Kampus Universitas Muhammadiyah Jember, Di Kantor Kecamatan Ijen dan dilanjutkan di Kantor Desa Sumber Rejo. Pada hari pertama pasca penerjunan kelompok 32 melakukan koordinasi, orientasi, dan pengenalan lingkungan di desa Sumber Rejo yang didampingi langsung oleh  Kepala Desa (7/2/2022). Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menyelaraskan maksud dari kegiatan KKN yang akan dilakukan selama 1 bulan, serta output atau hasil luaran yang akan dihasilkan. Selain hal itu, orientasi dan pengenalan lingkungan juga dilakukan agar anggota kelompok 32 bisa mengetahui beberapa informasi mengenai Desa Sumber Rejo beserta karakteristik masyarakatnya.

2-620903151e0cba41ad206dd6.jpeg

 Dokumentasi: Rapat Koordinasi Bersama Kepala Desa Sumber Rejo

Hari kedua (8/2/2022) dilanjutkan dengan melaksanakan rapat koordinasi bersama untuk membahas program perencanaan selama satu bulan dan program tambahan diluar program wajib yang harus dilakukan. Kelompok melakukan diskusi dan merumuskan bersama berdasarkan beberapa tahapan yang perlu dilakukan sebelum menentukan program kerja. Tahapan tersebut diantaranya adalah melakukan assesment awal dan survey. Asesment awal dilakukan untuk menggali data mengenai informasi seputar covid-19 di desa Sumber Rejo, yang berkaitan dengan vaksinasi. Sedangkan survey dilakukan di Wisata Taman Galuh sebagai salah satu fokus program wajib dengan tema “Pariwisata”. Tujuan tahap pertama dilakukan adalah untuk pemetaan awal terkait masalah atau kebutuhan yang ada dilapangan sehingga mampu terjawab dalam rumusan program kerja yang akan dilaksanakan.

3-62090345bb44867e7f63ab58.jpeg

Dokumentasi: Gotong Royong Membersihkan Jalan Air

Setelah selesai melakukan rapat dan koordinasi bersama, kegiatan dilanjutkan dengan gotong royong bersama warga untuk membersihkan jalan air yang tersumbat akibat hujan lebat. Lokasi demografis desa Sumber Rejo yang berada di daerah pegunungan mengakibatkan seringnya terjadi banjir ketika hujan lebat dan mengakibatkan tersumbatnya saluran air yang juga berdampak pada persediaan air untuk warga.

4-62090363bb448660307ce103.jpeg

 Dokumentasi: Membersihkan Lingkungan Desa

Dilanjutkan dengan hari berikutnya, Rabu, (09/02/2022) kelompok melakukan Gotong Royong bersama warga untuk membersihkan lingkungan Desa Sumber Rejo, seperti membersihkan sampah dan memilah sesuai dengan jenisnya, sampah organik dan anorganik. Kegiatan ini merupakan program tambahan diluar program wajib, tujuannya adalah agar kelompok dapat lebih mengenal lingkungan desa dan bersosialisasi dengan masyarakat serta untuk membantu masyakarat desa sesuai dengan kebutuhan mereka.

5-6209037ab4616e166854bde3.jpeg

Dokumentasi: Survey di Wisata Taman Galuh
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline