Lihat ke Halaman Asli

KKN Online Kelompok 6 UTA'45 Jakarta di Tengah Pandemi Covid-19

Diperbarui: 14 Agustus 2020   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN. Sumber: dokpri.

Pada kondisi pandemi Covid-19 ini, tidak menghalangi kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat yang ada di kampus UTA’45 Jakarta yang dilakukan secara online atau virtual. KKN UTA’45 Jakarta di masa pandemi COVID-19 ini yang merupakan bentuk kontribusi mahasiswa kepada masyarakat dalam menghadapi dan memerangi COVID-19 dengan dilaksanakannya program gagasan yang ditentukan oleh mahasiswa yaitu Gerakan Pembuatan 1000 Buah Face Shield (pelindung wajah) yang akan di distribusikan ke Rumah Sakit, Klinik dan Instansi lainnya yang berada disekitar Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Program gagasan pembuatan face shield yang diajukan oleh mahasiswa ini bertujuan untuk membantu para tenaga medis yang bekerja dan memerangi Virus COVID-19 di Indonesia.

Berikut gambaran penyerahan Face Shield ke Instansi Seperti Rumas Sakit, Klinik dan Instansi lainnya:

Sumber: dokpri.

Sumber: dokpri.

Sumber: dokpri.

Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pembuatan face shield dilakukan secara berkelompok yang di laksanakan pada tanggal 22 juli hingga 13 agustus 2020. Dimana pada tanggal 23 juli, 26 juli dan 27 juli adalah proses pembuatan face shield yang di produksi sendiri dengan dilakukan dirumah masing-masing dari anggota kelompok, untuk menghindari keramaian dalam usaha memutus mata rantai penyebaran COVID-19. 

Sebanyak ± 25 mahasiswa kelompok 6 UTA’45 Jakarta, memproduksi puluhan face shield atau pelindung wajah yang didampingi dan diawasi oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Ibu Riong Seulina Panjaitan, M.Si. Mahasiswa di bimbing secara bertahap sesuai dengan alur proses produksi dan pendistribusian Face Shield (pelindung wajah) yang telah di jadwalkan dari pihak kampus Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Berikut merupakan bentuk puluhan produk Face Shield yang telah di produksi dan dikemas oleh Kelompok 6 KKN UTA’45 Jakarta yang telah siap untuk di distribusikan ke Rumah Sakit, Klinik dan Instansi lainnya yang berada di sekitar Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Face Shield. Sumber: dokpri.

Box berisi face shield. Sumber: dokpri.

Pada Kamis, 6 Agustus dan 7 Agustus 2020 pukul 09.00 sampai dengan selesai sebanyak 1000 buah Face Shield yang telah siap di distribusikan ke RS Satya Negara, RS Royal Progress, RS Mitra Kemayoran, RS Puri Medika, yang telah selesai disebarkan bersama dengan Dosen Penanggung jawab yaitu Ibu Phamendyta Aldaning Azaria., M.AB, Bapak Dr. Anton Sudanto, S.H., M.H. dan Ibu Lukiyana.

Melalui kegiatan ini, yaitu Pembuatan Face Shield (penutup wajah) yang telah dilakukan oleh UTA’45 diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya pada tim tenaga medis yang bekerja di pelayanan kesehatan dalam rangka mencegah penularan COVID-19 dengan menjalankan protokol kesehatan yang sesuai dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI dan WHO (World Health Organozation). Serta dapat membangun kreativitas dan Inovasi Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) 2020 selama pandemik COVID-19 berlangsung, sesuai dengan tema yang telah diusung oleh Kelompok 6 yaitu “MEMBANGUN KREATIVITAS DAN INOVASI DI TENGAH PANDEMI COVID-19“.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline