Rancangan Aksi Nyata Topik 3
Asesmen Membaca dan Menulis (AKM) di Sekolah Dasar
Kegiatan yang dipilih:
Siswa dapat mengembangkan kemampuan membaca dan menulis melalui kegiatan "Sabtu Literasi Bersama".
Strategi yang digunakan:
- Membaca interaktif: siswa membaca buku atau teks bacaan bersama dengan guru dan melibatkan anak secara interaktif dalam memahami isi bacaan.
- Menulis interaktif: siswa berdiskusi bersama kelompok untuk dapat menuliskan teks cerita yang isinya hampir sama dengan cerita yang telah dibaca.
Alokasi waktu:
Kegiatan dilakukan selama 2 jam pembelajaran (2x35 menit) setiap hari sabtu.
Langkah-langkah kegiatan:
Kegiatan pendahuluan :
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan.
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok secara heterogen.
- Siswa dibagikan teks bacaan yang telah dipilih oleh guru.
Kegiatan inti: (membaca interaktif dan menulis interaktif).
- Guru membimbing siswa membaca teks bacaan secara bergantian.
- Siswa diajak untuk berdiskusi bersama guru berkaitan dengan teks yang telah dibaca seperti siswa diajak memvisualisasikan tokoh dalam teks dan isi teks bacaan.
- Siswa diarahkan untuk berdiskusi bersama kelompok untuk menulis suatu teks cerita yang isinya hampir sama dengan tema cerita yang telah dibaca.
- Siswa dapat bertanya dan berdiskusi dengan guru apabila mengalami kesulitan dalam menulis teks cerita.
- Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil karya menulis teks cerita bersama dengan kelompok.
Kegiatan penutup:
- Guru memberikan reward kepada setiap kelompok yang telah melakukan presentasi dengan baik.
- Guru memberikan umpan balik terhadap siswa berkaitan dengan kegiatan yang telah dilakukan.
- Guru mengingatkan kembali untuk memperbanyak kegiatan literasi bukan hanya di sekolah saja namun juga di rumah.