Lihat ke Halaman Asli

Lesmana

mahasiswa

Pengaruh Pertumbuhan Ekspor dan Impor Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di indonesia

Diperbarui: 5 Juli 2023   22:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Perkembangan perekonomian negara tidak dapat dipisahkan dari perekonomian dunia. Hubungan ekonomi antar negara saat ini menjadi isu yang sangat penting bagi perekonomian negara. Keadaan ini menyebabkan daya saing menjadi salah satu faktor penentu dalam persaingan antar negara untuk mendapatkan keuntungan dari terbukanya perekonomian global, misalnya dalam bidang impor dan ekspor. 

Karena ekspor dan impor adalah kebutuan suatu negara.
 Impor adalah kegiatan atau kegiatan mengeluarkan barang dari luar wilayah pabean Indonesia (dari luar negeri) ke dalam wilayah pabean Indonesia Pabena adalah wilayah Negara Republik Indonesia yang meliputi dataran tinggi, perairan dan ruang udara serta sebagian tempat dalam zona ekonomi dan lalu lintas dalam negeri yang diatur oleh Undang-Undang Kepabeanan No. 10 Tahun 1995.

Menurut Sukirno (dikutip Basuki Pujoalwanto:2013), pertumbuhan ekonomi didefinisikan sebagai perkembangan proses ekonomi yang mengarah pada peningkatan barang dan jasa yang dihasilkan dan peningkatan kemakmuran. Efek pertumbuhan ekspor-impor Indonesia merupakan efek positif dari pertumbuhan nilai tukar negara dan banyaknya inovasi produk di Indonesia, efek negatifnya adalah munculnya ketergantungan terhadap produk luar negeri.
 Pendapat saya atau pendapat pribadi saya tentang hal tersebut di atas adalah bahwa pengaruh ekspor dan impor sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia. 

Oleh karena itu peningkatan inovasi dan peningkatan nilai tukar ekspor impor suatu negara sangat berpengaruh, karena negara-negara tersebut saling membutuhkan. Tanpa adanya ekspor dan impor dindonesia sangat sulit mendapatkan barang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline