Lihat ke Halaman Asli

Lesmana

mahasiswa

Kayu Ulin yang Semakin Langka dan Sulit untuk Didapat

Diperbarui: 3 Juli 2022   13:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sudah sangat sulit untuk mendapatkan kayu besi  ulin selama dekade terakhir  karena berkurangnya variasi dan kelangkaan kayu. Akibatnya, jumlah kayu besi yang diproses oleh  produsen semakin berkurang. Ada beberapa alasan untuk kekurangan kayu. Sebagai contoh Penebangan liar yang menyebabkan penurunan lahan, penurunan tajam pasokan kayu dari daerah penghasil kayu, dan penurunan kapal pengangkut kayu antar pulau Di sisi lain, seiring bertambahnya jumlah proyek real estat, begitu pula furniturenya.

Kayu ulin sangat terkenal, Hal ini membuat kayu ulin semakin langka, dan pada kenyataannya kayu ulin  semkin berkurang,  kayu ulin akan tetap bertahan di dalam  tanah selama ratusan  tahun dan tidak akan rusak , Di desa saya di ampah , kayu ulin semakin mahal dari waktu ke waktu, dan kayu ulin semakin berkurang, sehingga semakin sulit untuk mendapatkan kayu ulin. Pohon ulin bisa mencapai ketinggian 35-50 meter Pohon ulin juga berumur ribuan tahun Pohon ulin panjang 5-20m diameter 120cm Kayu ulin  hampir punah Di negara lain, dapat dikatakan punah  karena besar- eksploitasi skala Para ahli mengatakan bahwa di luar kayu ini tersedia dengan harga yang bisa disebut mahal. Akibatnya, Kayu Besi menjadi langka karena tumbuh sangat lambat.

Menurut saya, kelangkaan kayu ulin di sebabkan karena kayu ulin sangat kuat jadi orang lebih memilih kayu yang kuat seperti membuat dinding rumah  dan jembatan jembatan kayu karena sudah tidak diragukan lagi kekuatan kayu ulin, harga kayu ulin yang mahal membuat kayu ulin sering di tebang, serta pertumbuhan kayu ulin yang sangat lambat itu yang menjadikan kayu ulin langka dan sulit di dapat. 

Solusi saya  agar kayu ulin tetap terjaga yaitu, perlu mengundang investoer untuk membuka sebuah lahan untuk sarana menanam pohon dan mengganti kayu untuk untuk bangunan seperti menggunakan besi dan gunakan kayu secukupnya karena di zaman sekarang bisa menggunakan stainles




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline