Lihat ke Halaman Asli

Tri YunandaAyu

Marketing officer

Game Fantasia Ikut Menumbuhkan Kreativitas Anak Melalui Lomba Mewarnai

Diperbarui: 12 Oktober 2023   22:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

FOTO BERSAMA DENGAN BEBERAPA SISWA TK DWP KLURAK (DOKPRI)

Game Fantasia Lippo Sidoarjo bekerja sama dengan IGTKI-Candi dalam rangka lomba mewarnai yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak sejak dini. Lomba kali ini mengusung tema mewarnai celengan yang diikuti oleh seluruh peserta dari tingkat Playgroup dan TK se-kecamatan candi. 

Total keseluruhan peserta yang mengikuti lomba kurang lebih 3000 peserta. Lomba di laksanakan setiap hari senin hingga jumat dalam kurun waktu 2 bulan, dari bulan Februari hingga Maret 2023 yang setiap harinya di ikuti sekitar 80 peserta.

Lomba ini merupakan salah satu kegiatan brand awareness yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh Game Fantasia Lippo Sidoarjo. Saat pelaksanaan lomba setiap peserta didampingi oleh orang tua masing-masing. Karena tidak hanya peserta lomba saja yang antusias mengikuti lomba, tetapi ada juga kegiatan lain yang ada saat pelaksanaan lomba dimana para orang tua bisa mengikuti kegiatan tersebut.

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan agar para orang tua dapat ikut memeriahkan acara tersebut dan dapat mengetahui secara langsung bagaimana perkembangan kreativitas dari anak-anaknya. 

Oleh karena itu setiap peserta diwajibkan bersama pendamping. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan saat pelaksanaan lomba, yaitu mulai dari lomba mewarnai untuk peserta, istirahat dan bermain di area Game Fantasia Lippo Sidoarjo, games seru untuk orang tua peserta, pengumuman pemenang lomba mewarnai, lalu penyerahan hadiah dan dilanjutkan foto bersama.

Ada beberapa tema lomba mewarnai yang di adakan setiap tahun nya, salah satunya adalah lomba mewarnai yang menggunakan media celengan yang berbentuk tabung. Media tersebut dibuat sendiri oleh tim dari Game Fantasia Lippo Sidoarjo. Setelah pelaksanaan lomba, media mewarnai tersebut akan dibagikan kembali kepada peserta untuk bisa dibawa pulang.

Untuk pelaksanaan lomba mewarnai peserta diberi waktu selama 60 menit. Apabila waktu sudah selesai peserta wajib mengumpulkan hasil karya mewarnai tersebut. Setelah pengumpulan hasil karya, tim dari Game Fantasia Lippo Sidoarjo beserta perwakilan dari pengurus IGTKI-Candi akan melakukan penilaian dan penjurian.
Selama penilaian dan penjurian dilaksanakan, peserta dan orang tua bisa istirahat dan menikmati beberapa wahana permainan yang ada di Game Fantasia Lippo Sidoarjo. "Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan lomba mewarnai mendapatkan kartu bermain gratis", kata Wanda, tim Game Fantasia Lippo Sidoarjo.

Setelah dilaksanakannya penjurian, orang tua diarahkan untuk kembali berkumpul di area lomba untuk mengikuti kegiatan games seru. Dan peserta lomba bisa melanjutkan bermain saat kegiatan games seru dilaksanakan. Ada beberapa games seru yang dilakukan mulai dari games balap sarung, games estafet karet, dan masih banyak games lainnya. Dan setiap pemenang games seru akan mendapatkan hadiah menarik dari tim Game Fantasia Lippo Sidoarjo.

Kegiatan selanjutnya yaitu pengumuman pemenang lomba mewarnai. Seluruh peserta lomba diarahkan untuk berkumpul kembali di area lomba. Ada dua kategori untuk pemenang lomba mewarnai, yaitu kategori TK dan kategori Pg. Setiap pemenang akan mendapatkan berbagai macam hadiah utama. "Hadiah utama yang akan didapatkan pemenang lomba mewarnai ada trophy, voucher bermain, dan goodiebag", kata Wanda, Tim Game Fantasia Lippo Sidoarjo.

Untuk acara yang terakhir dilanjutkan dengan foto bersama dari semua peserta lalu diikuti foto bersama dengan orang tua. Dan kemudian media celengan yang telah dikumpulkan akan dibagikan lagi kepada setiap peserta untuk dibawa pulang. Acara lomba mewarnai pun selesai.

"kegiatan-kegiatan seperti ini nantinya akan rutin dilakukan oleh Game Fantasia Lippo Sidoarjo. Apalagi setelah rehat 2 tahun karena pandemic, ibu dan anak-anak juga butuh hiburan dan kegiatan seperti ini", terang Dony Setiawan, Store Manager Game Fantasia Lippo Sidoarjo. Selanjutnya beliau juga menerangkan tim dari Game Fantasia Lippo Sidoarjo akan mengadakan lomba yang berbeda tema setiap tahunnya dengan berbagai ide baru yang kreatif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline