Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan Islam di Masa Sekarang : Jurusan Pendidikan Tidak Dapat Posisi Kerja ? Bagaimana Jurusan Pendidikan Agama Islam?

Diperbarui: 12 Januari 2023   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lerin Rizqi Pradanti

Prodi : Tarbiyah 

Fakultas : Agama Islam

Universitas Islam Sultan Agung

NIM : 31502100063

SPI 

Pendidikan Islam di Masa Sekarang : Jurusan Pendidikan Tidak Dapat Posisi Kerja ? Bagaimana Jurusan Pendidikan Agama Islam?

Dari judulnya pasti banyak orang bertanya-tanya, mengapa bisa ?

Diera sekarang ini banyak hampir setiap hari iklan penyedia pelatihan, bootcamp, workshop berseliweran menawarkan jasanya diberbagai platform sosial media, seperti di Instagram, Twitter, Tik Tok, Google, Youtube, Facebook, dan masih banyak lagi. Program pelatihan yang ditawarkannya pun beragam, dengan iklan-iklan yang menarik perhatian bagaikan clickbait karena iklannya yang membahas pekerjaan-pekerjaan yang banyak dibutuhkan dimasa depan nantinya. Seperti skill digital marketing, data analisis, copywriting, specialist social media, hingga ui/ux design, yang katanya skill-skill tersebut tidak bisa dipelajari secara mudah. Selain itu dengan beredarnya desas-desus bahwa guru di era sekarang semakin hari seperti tidak dihargai jasanya, karena mendapatkan gaji yang kurang layak, dengan honor yang bisa dibilang sedikit nominalnya. Sehingga banyak sekali orang-orang tidak segan menambah kemampuan diri (skill) diri belajar dari 0 agar dimasa mendatang mendapatkan pekerjaan yang lebih layak, setidaknya mendapatkan penghasilan yang layak.

Lalu bagaimana dengan lulusan jurusan pendidikan agama islam?

Berdasarkan data di kementerian agama, saat 2018 terjadi kekurangan guru pendidikan agama islam (pai) sebanyak 37.600 orang. kementerian agama juga mencatat ada lebih 26.975 pondok pesantren di Indonesia dengan +-2,65 juta santri yang belajar di pesantren, data ini diambil data kemenag dari CNN Indonesia, 15 Juli 2022. Sumber : https://youtu.be/aqRh1xbR_ig

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline