Lihat ke Halaman Asli

Leri Ainun

Kelas Jurnalis Cilik

Sabtu Seru Bersama Kelas Jurnalis Cilik di KAI Commuter Fun Journey 2023

Diperbarui: 6 September 2023   14:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelas Jurnalis Cilik (dok pribadi)

Hai, salam kenal teman-teman! Namaku Leri Ainun. Aku adalah pelajar dari Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Fakta menarik pertama, rumah tempat tinggalku bersebrangan langsung dengan pinggir laut Jakarta, lho! Sehari-hari warga disini berkegiatan sebagai nelayan dan pedagang. Aku dan teman-teman sering bermain di dekat laut dan tentunya makan ikan. Nah fakta menarik lainnya, aku tinggal tidak begitu jauh dari stasiun Tanjung Priok. Salah satu stasiun tertua di Jakarta. Namun meski begitu, aku belum pernah naik commuter lain atau KRL sebelumnya. 

Hari Sabtu (2/8/2023) lalu menjadi pengalaman pertamaku untuk jalan-jalan keluar Kalibaru naik KRL bersama dengan teman-teman Kelas Jurnalis Cilik angkatan IV. Aku menjadi salah satu peserta yang terpilih untuk mengikuti acara KAI Commuter Fun Journey 2023 yang diselenggarakan oleh PT. Kereta Api Indonesia bersama Kompasiana. Meski harus bangun pagi, tapi aku senang bisa punya kesempatan untuk berpetualang bersama teman-temanku naik kereta api.

Petualangan kami dimulai pukul 06.30 WIB dari stasiun Tanjung Priuk menuju titik kumpul di stasiun Jakarta Kota. Saat itu suasana kereta sepi. Aku sering lihat di media sosial keramaian penumpang KRL, untungnya, pengalaman pertamaku nyaman dan aman. Sesampainya di stasiun Jakarta Kota, kami langsung disambut oleh kakak-kakak panitia acara KAI Commuter Fun Journey 2023 di Jalur 1. Acara dimulai dengan tantangan menemukan empat kota tersembunyi di sekitar stasiun. Aku dan teman-teman berlarian kesana-kemari untuk menemukan kotak tersebut untuk memperebutkan hadiah. Sayangnya aku tidak berhasil menemkan kotak tersembunyi. Selanjutnya, kami diajak untuk menyelesaikan 4 challenges yang ada di dalam masing-masing kotak. 

Challenges pertama adalah foto sedang membuang sampah.

Kelas Jurnalis Cilik (dok pribadi)

Nah, challenges pertama ini masih tergolong mudah banget untuk dilakuin tapi kadang dari diri kita sendiri masih suka susah buat dijalanin di dunia nyata. Challenges ini mengajak dan mengingatkan kita untuk selalu peduli dengan kebersihan di lingkungan stasiun. Pasti gamau kan naik kereta tapi kotor dan banyak sampah?

Challenges kedua yaitu berfoto di spot atau tempat

Kelas Jurnalis Cilik (dok pribadi)

Karena aku anaknya suka jajan roti, jadi tempat favoritku adalah salah satu kedai roti yang ada di stasiun. Aku suka sekali roti cokelat atau keju. Selain bisa jalan-jalan kemana aja, di stasiun ternyata banyak hal yang bisa kita lakukan. Mulai dari makan, nongkrong bareng teman atau keluarga, hingga membeli perlengkapan sehari-sehari yang dibutuhkan saat dalam perjalanan. 

Challenges ketiga adalah berfoto bersama petugas KAI

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline