Lihat ke Halaman Asli

Usung Tema Penolakan Diskriminasi, Ma'ruf Amin Melawat ke Tanah Batak

Diperbarui: 6 Oktober 2018   13:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cawapres Ma'ruf Amin di pusat kota Tarutung. ( Foto: Leonardo TSS)

Cawapres Jokowi,Prof Dr KH Ma'ruf Amin, Jumat (5/10) berada di Tanah Batak. Seperti biasa kedatangan seorang tokoh penting akan menjadi pusat perhatian. Apalagi sang Ma'ruf Amin sosok tokoh Muslim yang mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).  

Nama Ma'ruf Amin yang sudah terkenal di seantero Nusantara,tiba-tiba makin terkenal lagi setelah diumumkan menjadi calon wakil presiden pendamping Joko Widodo. Banyak orang tertegun atau terpelongo, karena semua prediksi tentang figur cawapres Jokowi yang semula meramaikan bursa cawapres, ternyata melenceng jauh.

Ma'ruf Amin yang juga didanpingi putrinya, disambut di kota Balige Kabupaten Toba Samosir, setelah pesawat yang mengusung rombongan mendarat mulus di Bandara Internasional Silangit. Beliau melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII di kawasan Soposurung. Acara singkat berlangsung padat cukup bermakna.

Dari Balige sang cawapres menuju Tarutung,ibukota Kabupaten Tapanuli Utara yang hari itu kebetulan sedang merayakan Hari Jadi ke 73 bersamaan HUT TNI. Seperti halnya di Balige, Ma'ruf disambut secara adat Batak, pemberian ulos sebagai cenderamata penghargaan untuk seorang tokoh yang dihormati. Ma'ruf Amin sempat menyusuri jalan utama kota meninjau pameran pembangunan dan pedagang. 

Tentunya disambut pejabat daerah setempat. Masyarakat pun tampak berjubel menyaksikan kunjungan sang cawapres karena kebetulan di lokasi pameran sudah banyak pengunjung membeludak. Ma'ruf Amin menyapa warga dengan senyuman khasnya.

Satu hal menarik lainnya adalah agenda Ma'ruf mengunjungi Kantor Pusat HKBP di Pearaja. HKBP adalah sekte protestan yang diklaim terbesar di kawasan Asia Tenggara. Cawapres disambut Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing dan petinggi HKBP lainnya.

Ma'ruf Amin disambut Ephorus HKBP Dr Darwin Tobing MTh di Pearaja (Foto: Biro Humas HKBP)

Kunjungan sang cawapres setidaknya mengisyaratkan keakraban,silaturahmi yang disemangati keinginan yang kuat untuk perubahan-perubahan ke depan.

*

Lantas,apa istimewanya kedatangan mantan ketua MUI Pusat ini ke bumi Tanah Batak. 

Saya sebagai penulis Kompasiana.com tidak dalam posisi menganalisis. Mungkin lebih tepat sekedar mewarta kehadiran beliau yang mungkin baru pertama kali secara formal mengunjungi daerah yang mayoritas pemeluk kepercayaan Nasrani.

Tetapi dalam konteks situasi sosbud yang mewarnai negeri ini, yang kemarin-kemarin mau pun terkini, paling tidak ada beberapa hal yang pantas dikemukakan.

Ma'ruf Amin dalam beberapa penggalan kata sambutan ataukah namanya retorika, mengindikasikan atau mengusung tematik seputar masalah diskriminasi dan konflik ideologi. Ma'ruf menginginkan ke depan bersama Jokowi (tentu jika menang), akan mengupayakan secara konsisten penolakan terhadap bahaya-bahaya yang terkandung menyangkut diskriminasi dan konflik ideologi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline