Lihat ke Halaman Asli

Managemen Perusahaan Digital oleh Leonardo Iswanto ( Seri ke-1 )

Diperbarui: 12 Mei 2017   16:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Perusahaan Digital adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi / ecommerce / digital. Perusahaan Digital yang sukses harus dilatarbelakangi oleh passion dari founder-nya . Perusahaan Digital pada awalnya dimulai dari sumber daya manusia ( sdm ) yang sedikit namun efektif. 

Beberapa posisi utama BOD ( board of director ) yang biasanya disusun oleh perusahaan digital adalah sebagai berikut :

  • CEO  - chief executive officer
  • CMO - chief marketing officer
  • CFO  - chief finance officer
  • CTO  - chief technology officer

Managemen yang baik pasti memiliki Visi , Misi , Struktur Organisasi, Goals dan Action Plan yang sangat tajam dan jelas. 

Visi Misi berguna sebagai landasan dan arah tujuan kemana perusahaan tersebut ingin dibawa. 

Struktur Organisasi adalah suatu susunan organisasi dari sebuah perusahaan digital dari posisi yang paling tinggi sampai dengan posisi yang paling bawah. Struktur Organisasi dibutuhkan untuk dapat memberikan kejelasan dari setiap individu yang ada di perusahaan tersebut.

Goals akan menentukan tahun ke tahun ( yearly plan ) , bulan ke bulan ( monthly plan ) pencapaian dari perusahaan digital tersebut. Dengan Goals yang jelas tentu saja managemen dapat membuat KPI ( key performance indicator ) yang baik yang membuat perusahaan yang dipimpin nya akan semakin cepat mencapai Visi Misi yang dicanangkan. 

Yearly Plan merupakan perencanaan tahunan yang biasanya diadakan setiap 1x setiap tahun dan biasanya diadakan pada bulan November. Yearly Plan biasanya dihadiri oleh key management atau BOD ( board of director ) dengan beberapa second layer ( biasanya manager atau setingkatnya ). Topik utama dari yearly plan ini adalah bagaimana melakukan evaluasi pada bulan yang telah dilaksanakan dan melakukan suatu perencanaan besar dan terarah untuk tahun depan-nya.

Monthly Plan merupakan perencanaan bulanan yang merupakan breakdown ( turunan ) dari yearly plan. Monthly Plan biasanya dihadiri oleh pimpinan suatu departemen ( bisa direktur / manager / setingkatnya ) dengan third layer ( biasanya supervisor atau setingkatnya ). Topik utama dari monthly plan ini adalah bagaimana melakukan evaluasi pada bulan yang telah dilaksanakan apakah sudah sesuai dengan acuan yearly plan-nya , melakukan suatu perencanaan besar bulan ke depannya sesuai dengan acuan yearly plan serta melakukan hal - hal yang perlu di-adjustment ( disesuaikan ) dengan kondisi realita.

Action Plan merupakan rincian detail dari setiap KPI ( key performance indicator ) yang dibuat oleh management. Action Plan yang baik harus mampu memberikan beberapa opsi perencanaan sehingga memudahkan eksekutor di lapangan dalam melakukan pencapaian. Action Plan wajib dilakukan oleh setiap individu yang berada dalam perusahaan digital tersebut.

-- bersambung -- 

Salam,

Leonardo Iswanto

DigitalPreneur - ICT Specialist

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline