Lihat ke Halaman Asli

Transit

Diperbarui: 17 Juni 2022   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Leonardo Juan

Transit artinya berpindah ke tempat yang lain atau pindah tujuan. Transit juga memiliki makna tempat singgah sesaat. Gue menggunakan perumpamaan dalam menggunakan kereta. Contoh gue ingin melakukan perjalanan dari Buaran menuju Universitas Indonesia. Untuk menuju Universitas Indonesia, gue perlu transit di Stasiun Manggarai kemudian menaiki kereta yang melewati Stasiun Universitas Indonesia.

Stasiun Manggarai menjadi penghubung diri gue untuk menuju tujuan yang ingin dicapai. Seandainya gue tidak transit apakah bisa untuk mencapai tujuan tersebut? jawabannya bisa, tetapi dalam rute kereta commuter tidak ada jurusan langsung dari Buaran ke Universitas Indonesia. Harus melalui proses transit di Stasiun Manggarai, jika ada mungkin menyenangkan.

Demikian pula ketika diri kita menjalin hubungan cinta dengan seseorang. Dimana seseorang yang telah berpacaran selama 5 tahun kemudian putus, dan kedua belah pihak yang berpisah menganggap hubungan yang terbentuk, terjalin, dan terbangun itu hanya sebagai tempat singgah sementara. Setelah putus kedua belah pihak berusaha untuk melanjutkan kehidupan melalui jalan hidup yang telah dipilih, pedih rasanya karena sebagai tempat singgah sementara. Kehidupan yang terjadi setelah menjadi tempat transit akan berbeda rasanya. Rasa yang pernah terjalin akan berubah, rasa percaya yang pernah terbangun akan runtuh, rasa yang menyatu akan terbelah, dan seperti hati yang tertusuk oleh pedang, yaitu sakit. 

Melalui perumpamaan antara Stasiun Manggarai dengan kisah hubungan, apakah suatu transit dibutuhkan dalam kehidupan ini? kalau menurut gue transit diperlukan. Proses perpindahan akan mengajarkan diri untuk menuju suatu proses dewasa. Di saat transit dalam fase kehidupan, diri kita akan dibawa kepada lambatnya waktu, dan diri kita akan melihat keadaan yang ada di sekitar diri kita. Berhenti sejenak untuk memikirkan bagaimana dan mengapa tujuan tersebut harus dicapai, menyetel kembali prioritas dan langkah yang dihadapi setelah transit. Membangun kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan yang dihadapi pasca transit. 

Transit suatu proses yang menyenangkan apabila dinikmati dengan senang hati. Transit hanya berlangsung sementara, sementara namun menentukan arah selanjutnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline