Lihat ke Halaman Asli

Lentera Pustaka

Pegiat Literasi dan Taman Bacaan

Jangan Terlalu Banyak Merasa

Diperbarui: 12 Juli 2024   17:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: TBM Lentera Pustaka

Berkiprah di taman bacaan, bukan hanya memberikan pelajaran dan pengalaman. Tapi juga memberi hikmah. Bahwa apa yang semua kita pikirkan belum tentu benar, apalagi sebatas pikiran yang berlebihan. Belum dikerjakan atau dilaksanakan, kenapa harus khawatir. Takut terhambat, takut ada tantangan padahal belum tentu ketakutan itu terjadi.

Seperti orang yang berolah raga, membuat kita merasa capek. Tapi sebenarnya membuat kita lebih sehat. Kadang bekerja membuat kita merasa lelah, padahal sebenarnya itu membuat kita lebih amanah. Kadang diam, membuat kita merasa tidak punya aspirasi padahal sebenarnya itu membuat kita lebih esensi.

Persis seperti di taman bacaan. Terkadang membaca buku membuat kita merasa bodoh, padahal sebenarnya itu membuat kita lebih kokoh. Terkadang rajin ke taman bacaan membuat kita merasa tidak punya kerjaan, padahal sebenarnya itu membuat kita lebih tahu arti kehidupan. Seperti bersosial di taman bacaan kesannya membuat kita "untuk apa", padahal justru mengajari kita "mau ke mana" dalam hidup ini. 

Jadi, jangan terlalu banyak merasa. Jangan pula berpikir berlebihan. Cukup jalani prosesnya, nikmati hasilnya. Apapun dan di manapun untuk apapun. Fokus pada tujuan, sambil tetap ikhtiar yang optimal. Karena ternyata, sesuatu yang tinggi tidak selalu diraih dengan berjinjit. Sesuatu yang hebat tidak selalu diraih dengan berjingkat. Tapi terkadang cukup dengan bersujud di kaki langit. Asal tetap berbuat baik dan menebar manfaat. Begitulah yang terjadi di TBM Lentera Pustaka. Salam literasi #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #BacaBukanMaen




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline