Lihat ke Halaman Asli

Lenta Siburian

Mahasiswa Semester 5

Pentingnya Peran Generasi Z dalam Melestarikan Kebudayaan Daerah

Diperbarui: 15 Desember 2023   22:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan dan keberagaman adat istiadatnya. Budaya merupakan identitas bagi bangsa yang harus dihormati, dijaga, serta dilestarikan agar kebudayaan kita tidak hilang dan menjadi warisan anak cucu kita kelak. 

Mencintai keanekaragaman seni dan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan tanggung jawab kita semua sebagai warga negara Indonesia. keanekaragaman ini merupakan suatu kekayaan bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan agar tidak dicuri ataupun ditiru oleh bangsa lain. 

Melestarikan kebudayaan bangsa tidak dapat dibatasi oleh usia maupun golongan. Kita sebagai masyarakat yang memegang teguh prinsip adat budaya, memiliki hak penuh atas kebudayaan kita untuk melestarikannya, bukan mengesampingkan budaya itu dengan alasan apapun. 

Keberagaman budaya menjadi identitas yang berharga untuk bangsa Indonesia. Sebab budaya mengandung ciri khas unik dan nilai-nilai penting dari berbagai wilayah. Tidak hanya itu, keragaman budaya juga mampu memelihara kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Nah, kita sebagai generasi millenial tentunya tidak mau dilabeli sebagai anak muda yang tidak bangga akan kebudayaan Indonesia kan? Berikut adalah cara kita bagi generasi millenial dalam melestarikan kebudayaan Indonesia : 

  • Mulailah mencintai kesenian Indonesia dengan diri sendiri, sebalum kita menggerakkan orang lain, maka gerakkanlah diri kita sendiri. Tanya pada diri kita, bagaimana rasa cinta kita terhadap kesenian Indonesia. Seberapa luas wawasan kita tentang kesenian Indonesai, apakah kita sudah tau kesenian lokal dari daerah kita. Maka dari itu ayo mulai berkenalan dengan kesenian-kesenian yang ada di Indonesia. Memang, kesenian di Indonesia sangat banyak, akan sulit berkenalan dengan semua kesenian yang ada di Indonesia. Kita bisa mulai dari kesenian lokal yang ada di daerah kita dulu, Jadi tidak alasan lagi bagi kita untuk memulai berkenalan sampai jatuh cinta terhadap kesenian Indonesia. 
  • Membuka komunitas yang bergerak dibidang kesenian budaya Indonesia. Adanya peran komunitas ini dapat bertujuan untuk mempertahankan, melestarikan serta menjaga kebudayaan lokal dengan sebaik-baiknya agar memperkokoh budaya bangsa yang akan mengharumkan nama Indonesia. Dengan adanya komunitas tersebut, seni dan budaya Indonesia akan tetap dilestarikan dan berkembang. 
  • Memanfaatkan teknologi dan internet untuk mempromosikan kesenian budaya Indonesia. Nah, dengan adanya kemajuan teknologi ini, kita justru bisa memanfaatkannya untuk mengemas secara kreatif budaya asli bangsa Indonesia untuk diperkenalkan di dunia Internasional. 
  • Menghilangkan rasa gengsi ataupun rasa malu.  diharapkan kepada kita sebagai generasi millenial agar tidak malu dalam mengenalkan budaya daerah kita sendiri yang sudah menjadi identitas dan kebanggaan bagi suatu daerah. Kita juga harus terus menghargai dan melestarikan budaya bangsa. Tujuannya yaitu agar budaya tidak luntur dan dapat diwariskan lagi untuk generasi mendatang. 



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline