Kelompok 9: Lenkka dan Kresna
Evaluasi program merupakan salah satu komponen krusial dalam manajemen dan pengembangan program pendidikan. Dengan melalui evaluasi yang sistematis, pendidik dan pengelola program dapat memastikan bahwa tujuan pendidikan tercapai, sumber daya digunakan secara efektif, dan manfaat yang dihasilkan sesuai dengan harapan. Artikel ini akan mengupas pengertian evaluasi program, model-model evaluasi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, cakupan evaluasi, manfaat yang diperoleh, serta teknik menentukan program dapat dievaluasi.
Pengertian Evaluasi Program
Evaluasi program adalah proses sistematis untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi guna menentukan efektivitas, efisiensi, relevansi, dan keberlanjutan suatu program. Evaluasi ini bertujuan untuk menilai sejauh mana tujuan program tercapai dan bagaimana program tersebut dapat diperbaiki atau disesuaikan untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Model-Model Evaluasi Program Pembelajaran
Berbagai model evaluasi program pembelajaran yang umum digunakan antara lain:
1. Model CIPP (Context, Input, Process, Product)
- Context Evaluation: Menilai kebutuhan dan kondisi yang melatarbelakangi program.
- Input Evaluation: Mengevaluasi sumber daya, strategi, dan perencanaan program.
- Process Evaluation: Memantau pelaksanaan program dan memastikan sesuai rencana.
- Product Evaluation: Mengukur hasil dan dampak program.