Lihat ke Halaman Asli

Prinsip-prinsip dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sebuah lembaga dalam melaksanakan Pendidikan anak usia dini menggunakan beberapa prinsip, diantaranya adalah:
1. Berorientasi pada kebutuhan anak. Lembaga pendidikan berupaya mengotimalkan semua aspek perkembangan, baik perkembangan fisik maupun psikis dengan memberikan kegiatan-kegiatan yang senantiasa berorientasi kepada kebutuhan anak.
2. Belajar melalui bermain. Bermain tidak bisa dilepaskan oleh anak, karena bermain adalah bagian hidup mereka. Namun agar anak juga tetap belajar, lembaga pendidikan dapat merangkai belajar yang tadinya bersifat menoton dikemas menjadi permainan yang menyenangkan anak.
3. Lingkungan kondusif. Lingkungan sangat berpengaruh dalam kenyamanan proses belajar anak . Untuk itu perlu menciptakan lingkungan yang sedemikian rupa agar anak tidak bosan dan dapat mendukung kegiatan belajar melalui permaianan.
4. Menggunakan Pembelajaran Terpadu. Penggunaan Tema sangat pentibg karena dengan penerapan pembelajaran tematik ini , diharapkan anak mampu mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas sehingga pembelajaran manjadi mudah dan bermakna.
5. Mengembangkan Berbagai Kecakapan Hidup. Penanaman sikap yang positif dengan cara membiasakan. Hal ini dimaksudkan agar anak belajar untuk menolong diri sendiri, mandiri, bertanggungjawab, dan memiliki disiplin diri.
6. Menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar. Penggunaan media dan sumber belajar sebagai pendukung dengan bahan- bahan yang dekan dengan anak atau lingkungan alam.
7. Dilaksanakan secara bertahap dan berulang-ulang. Yaitu dimulai dari konsep yang sederhana dan yang dekat dengan anak, agar konsep yang di sampaikan dikuasai, maka perlu pengulangan dengan kemasan yang bervariasi.
Demikian, semoga bermanfaaat. Wallahu’alam .............
Refference: Jamal Ma’mur Asmani dalam bukunya MANAJEMEN STRATEGI PAUD




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline