Lihat ke Halaman Asli

PROGRAM PAUD ALA ISLAMI

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dalam paud ala islami ini partisipasi dan kerja sama orang tua sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan suatu program. Keterlibatan keluarga dalam pendidikan dan implementasi ritual keagamaan untuk anak-anak muslim tidak bisa dilakukan secara berlebihan, tetapi harus melibatkan komponen-komponen pendidikan, termasuk orang tua. Dengan program ini diharapkan anak dapat:
1) Kesempatan pembentukan fisik, sosial, kognitif, emosional, dan moral sebagai syarat kemampuan dan tingkat perkembangan anak.
2) Lingkungan yang islami, sehingga kondisi moral dan sppritual anak dapat berkembang di bawah pengajaran Al- Qur’an dan sunnah.
3) Lingkungan yang aman dan terjamin, sehingga anak tidak akan takut untuk menempuh berbagai pengalaman baru.
4) Bermacam pengalaman pembelajaran dan melengkapi tahapan- tahapan perkembangannya.
5) Dukungan sportif yang suasana hangatdari orang dewasa, untuk memberikan semangat dan bimbingan dalam setiap aktivitas yang dilakukan, baik secara individu maupun kelompok, dan bertindak sebagai model percontohan tentang aturan-aturan muslim kepada anak
6) Kebebasan, kesemmpatan dan dukungan terhadap pembentukan rasa tanggung jawab, kontrol dan kemandirian, dengan rasa hormat anak kepada orang yang lebih dewasa.
7) Pendidikan awal yang jelas, cerdas, dan penuh kasih, tentang hafalan bacaan Al-Qur’an dan Hadis, sebagai dasar yang kuat untuk pembelajaran muslim seumur hidup.(Wahyudi dan Dwi Retna Damayanti, 2005:14) Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu’alam...............




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline