Lihat ke Halaman Asli

Wisata Pendidikan di Bogor

Diperbarui: 9 Juli 2023   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc Pribadi

Seorang guru pada umumnya memiliki tugas mengajar dan membimbing peserta didik didalam proses pembelajaran didalam kelas. Guru memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan materi pelajaran secara jelas dan mudah dipahami, mengembangkan keterampilan dan kemampuan akademik peserta didik, serta membantu mereka untuk mencapai potensi terbaiknya. 

doc pribadi

Selain itu guru juga bertanggung jawab untuk mengevaluasi kemajuan para peserta didik, memberikan umpan balik yang berguna, dan memberikan dukungan serta bimbingan dalam pengembangan karakter dan kepribadian mereka, seorang guru tidak hanya mampu bertanggungjawab didalam sekolah namun juga harus memiliki tanggungjawab diluar sekolah,  mampu menjadi orangtua, sahabat untuk para siswanya sehingga mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi para siswa yang mengalami kesulitan ataupun mengungkapkan pendapat.

doc pribadi

doc pribadi

doc pribadi

Sejatinya pembelajaran tidak hanya dilakukan disekolah, namun dapat juga dilakukan diluar sekolah, sehingga siswa dapat pengalaman belajar yang lebih nyata dan dapat merasakan langsung konsep-konsep yang telah dipelajari disekolah, siswa juga dapat terlibat langsung sehingga pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, mampu meningkatkan keterampilan social, dengan berinteraksi dengan lingkungan dan orang yang berbeda, kegiatan pembelajaran diluar sekolah juga mampu meningkatkan kreativitas dan inovasi dan juga memberikan pengalaman yang tidak dapat diperoleh didalam kelas, hal ini seturut dengan tujuan Ibu Jenny sebagai PIC untuk kegiatan fieldtrip , memahami akan pentingnya kegiatan ini untuk pengembangan potensi akademik dan prestasi para peserta didik, Beliau memilih Kuntum Farmfield Bogor sebagai lokasi Field Trip untuk peserta didik kelas 1 SD hingga 4 SD, pada Tanggal 14 maret 2023. Saya mendapatkan tugas mendampingi kelas 4 SD.

doc pribadi

Kami berangkat dari sekolah pukul 7:30 dan tidak lupa kami berdoa bersama sebelum berangkat. Siswa sangat antusias dalam mengikuti acara ini, sepanjang perjalanan mereka bertanya berapa lama lagi akan sampai ditempat tujuan?, Sayapun mengecek dengan Google Maps untuk menjawab pertanyaan yang terus berulang ditanyakan.

Setelah kurang lebih satu setengah jam kamipun tiba dilokasi, semua anak bersorak riang gembira, namun karena bukan hanya dari sekolah saint peter yang hadir kamipun harus menunggu didalam bus untuk beberapa saat hingga rombongan dari sekolah lain masuk kedalam Kuntun Farm.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline