Lihat ke Halaman Asli

Lenih

Mahasiswa Universitas Pamulang

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Diperbarui: 24 Mei 2021   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Team PKM 2021 Universitas Pamulang

Pengabdian kepada masyarakat atau biasa disingkat dengan PKM merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarkat dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apa pun. Program ini dirancang oleh berbagai universitas maupun institut yang ada di Indonesia agar dapat memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat Indonesia, terkhusus untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Indonesia.

Kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) itu sendiri merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi yaitu : Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat.

Bentuk dari Pengabdian Masyarakat bisa berupa bakti sosial, mengajar, mengadakan penyuluhan atau pun seminar.

Berbicara mengenai Pengabdian Kepada Masyarakat, belum lama ini saya telah mengikuti kegiatan tersebut, saya bersama dengan teman-teman saya yang berkuliah di Universitas Pamulang Program Studi Manajemen dan Akuntansi telah menyelesaikan kegiatan PKM kami di MA Al-Arqom Bogor pada 31 Maret 2021. Kami yang berjumlah sekitar 20 orang dan terbagi menjadi 4 kelompok mengadakan sebuah Seminar dengan 4 tema yang berbeda dan tema dari kelompok saya ialah "PENGENALAN STRATEGI PEMASARAN DI MASA PANDEMI". Dengan menggunakan tema tersebut kami memaparkan materi mengenai apa saja strategi-strategi pemasar yang baik dan efisien sehingga walaupun dalam keadaan pandemi pun kita masih bisa melakukan kegiatan usaha.

Dari tema tersebut kami kami menjelaskan beberapa jenis strategi, diantara nya :

  • Menggunakan Media Sosial

Pada saat ini media sosial adalah hal yang paling banyak di akses oleh banyak orang, orang bisa menghabiskan kurang lebih 1-3 jam untuk membuka media sosial. Jadi jika kita melakukan strategi pamasaran produk melalui media sosial dapat mempermudah kita untuk mengenalkan produk kita kepada orang banyak. Media sosial yang banyak digunakan untuk melakukan promosi yaitu Instagram, twitter, dan YouTube.

  • Pemasaran konten

Strategi ini berfokus untuk menciptakan serta mendistribusikan konten yang bernilai, relevan, dan konsisten guna menarik konsumen. Alih-alih melakukan penawaran langsung, perusahaan justru memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen sehingga mereka berminat terhadap suatu produk. Pemasaran melalui konten dapat diterapkan oleh perusahaan kecil maupun besar. Untuk membuat konten yang berkualitas maka dibutuhkan seorang pembuat konten yang kompeten.

  • Telemarketing

Pemasaran ini merupakan pemasarang yang dilakukan dengan metode pemasaran langsung dimana seorang tenaga penjual menawarkan produk atau layanan melalui sambungan telepon atau koverensi web sesuai kesepakatan dengan calon pelanggan.

Masih ada beberapa materi lagi yang kami jabarkan di MA Al-Arqom Bogor, mulai dari tujuan dari adanya strategi pemasaran, cara penerapan serta dampak positif maupun negatif dari strategi pemasaran yang akan digunakan hingga manfaat dari strategi pemasaran itu sendiri.

            Hampir semua peserta antusias dan merasakan manfaat pelatihan. Pelaksanaan pengabdian untuk peserta Madrasah Aliyah al-Arqom ini dapat disimpulkan berhasil sampai tahap diskusi dengan menjawab permasalahan-permasalahan tentang menghasilkan uang dimasa pandemi. Sebagian besar peserta telah memahami strategi pemasaran, pendapatan dan pengeluaran, menyusun skala prioritas kebutuhan, serta mampu mengembangkan kemampuan mengelola keuangan dengan baik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline