Lihat ke Halaman Asli

LENI AELANI MAMAN

Teacher Guidance And Counseling

Cerita Praktik Baik Bimbingan Klasikal dengan Pembelajaran Problem Based Learning

Diperbarui: 18 Januari 2023   13:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

CERITA PRAKTIK BAIK BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Tujuan yang ingin dicapai yaitu peserta didik dapat menyimpulkan gaya belajar yang sesuai dengan dirinya sehingga memunculkan minat belajar

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah?

  • Motivasi peserta didik dalam belajar masih rendah terutama pada mata pelajaran teori di kelas
  • Peserta didik sering mengantuk, mengobrol, dan memainkan handphone pada saat proses pembelajaran berlangsung
  • Nilai-nilai mata pelajaran peserta didik dibawah KKM
  • Pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik tidak mau bertanya mengenai materi pelajaran yang tidak dipahami
  • Pada saat proses pembelajaran berlangsung hanya beberapa peserta didik yang aktif mengikuti pembelajaran

Praktik ini penting untuk dibagikan 

 

Dari hasil tindakan yang dilakukan dengan materi penerapan gaya belajar dengan model pembelejaran Problem based learning diperoleh :

  • Motivasi belajar peserta didik meningkat
  • Peserta didik lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran baik dalam berdiskusi kelompok, mengerjakan LKPD, maupun mengemukakan pendapat
  • Model pembelajaran yang digunakan efektif untuk meningkatkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran

Berdasarkan hal tersebut saya ingin membagikan pengalaman praktek pembelajaran ini sebagai informasi yang bisa digunakan rekan-rekan guru lain dalam melaksanakan layanan bimbingan klasikal dengan model pembelajaran Problem based learning.

Peran dan Tanggung jawab dalam praktek ini antara lain :

Saya berperan sebagai seorang guru yang melaksanakan tugas mengajar dan memiliki tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Dalam mengawali kegiatan merancang rencana pelaksanaan layanan yaitu berdasarkan :

1. Karakteristik peserta didik

2. Materi layanan yang disusun berdasarkan topik yang diangkat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline