Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Sebuah Jingle

Diperbarui: 24 Juni 2015   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Apakah anda mengetahui apa itu Jingle? mungkin bagi yang tidak berkecimpung dalam bidang ini akan bingung definisi sebenarnya dari Jingle itu sendiri maka saya akan menjelaskan sedikit mengenai Jingle . Jingle adalah suatu gambaran dari sebuah iklan yang di realisasikan dalam bentuk musik.Di dalam suatu jingle harus terdapat makna atau pesan-pesan yang terkait dengan apa yang ingin di iklankan atau di promosikan.

Tetapi yang menjadi masalah adalah orang – orang sering kali menganggap remeh akan manfaat dari sebuah Jingle, yang ternyata secara tidak sadar bagus atau tidaknya suatu jingle akan berpengaruh terhadap minat seseorang terhadap produk tersebut.Di sisi lain tidak sedikit pula orang - orang sangat memanfaatkan atau mempromosikan sesuatu atau sebuah produkjika mereka tau seberapa pentingnya sebuah jingle maka mereka akan berusaha membuat suatu jingle se-kreatif mungkin untuk menarik perhatian masyarakat.

Suatu Institusi, Perusahaan atau Universitas terkadang juga memiliki cara tersendiri atau sebuah strategi untuk mendapatkan sebuah Jingle untuk produknya dengan cara yang mudah. Contohnya seperti mengadakan sebuah lomba yang diadakan dengan sebuah reward seperti uang tunai ataupun trophy penghargaan dan masih banyak lagi.

Contoh dari perlombaan Jingle dalam Universitas: http://www.fisipawards.com/index.php/pilih-disini/jingle (kalau bisa sekalian di vote ya jingle "satukan suaramu” hehehe)

Saya juga mempunyai sedikit saran bagi kalian yang ingin mencoba membuat sebuah jingle untuk perlombaan, untuk pekerjaan atau untuk iseng- iseng saja.

Yang pertama, anda harus menentukan tema musik terlebih dahulu dan diusahakan cocok dengan produk yang ingin di promosikan.

Yang kedua, anda coba membuat lirik yang berkaitan juga dengan apa yang ingin ditampilkan dan diusahakan lirik di buat dengan kata – kata yang simple dan mudah di cerna oleh masyarakat .

Yang ketiga, buatlah music yang simple dan easy listening untuk membuat pendengar merasa nyaman dengan musik tersebut.

Jika ketiga langkah diatas sudah dilakukan maka mudah-mudahan masyarakat akan tertarik dengan apa yang akan anda promosikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline