Apakah Anda ingin menyempurnakan strategi brand marketing untuk bisnis Anda? Jika iya, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mewujudkannya.
Pengertian dari brand marketing adalah pendekatan khusus untuk menciptakan nama dan desain produk, membangun komunikasi kreatif, dan melakukan aktivitas pemasaran yang membedakan produk Anda dari yang lain.
Strategi brand marketing memiliki tujuan untuk menciptakan produk yang akan menggaet audiens dan memimpin pasar saat ini.
Menurut Sprout Social Index, strategi brand marketing yang paling umum adalah meningkatkan brand awareness (58%) dan meningkatkan keterlibatan komunitas atau biasa dikenal sebagai engagement (41%). Tujuan ini masih sangat relevan bagi marketer dalam memasuki tahun 2023 sebagai strategi brand marketing.
Sprout Social Index menyebutkan tantangan utama marketer pada brand marketing adalah, memaksimalkan fungsi media sosial untuk bisnis dengan perolehan ROI yang optimal. Brand perlu menetapkan tujuan untuk mengatasi hambatan ini di tahun 2023.
Dengan kemajuan era digital, brand perlu semakin sadar akan nilai brand marketing melalui media sosial. Media sosial mampu memberikan hasil yang terukur melalui matriks yang tersedia.
Agar bisnis Anda semakin dikenal dan meningkatkan penjualan, terdapat lima strategi brand marketing yang dapat Anda terapkan sebagai berikut.
Kembangkan Brand Awareness
Brand awareness mampu memudahkan proses penjualan, dengan meningkatkan kesadaran produk bagi audiens, dan memposisikan brand memimpin di sektornya.
Dalam hal ini, penting bagi marketer mengevaluasi strategi pemosisian brand untuk memahami dampak tindakan pemasaran terhadap citra.
Proses brand awareness dipengaruhi dari sejumlah tindakan seperti pembuatan konten original, promosi yang dipersonalisasi untuk audiens target, hingga pengembangan produk yang spesifik untuk niche tertentu. Salah satu strategi yang digemari oleh brand dalam menguatkan brand awareness adalah dengan influencer marketing.