Lihat ke Halaman Asli

LEMON Influencer Platform

A platform that connects your brand with the RIGHT influencers

Social Influencer: Mega, Macro, Micro, dan Nano

Diperbarui: 7 September 2022   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Social influencers dikenal sebagai individu yang dipercaya membantu pertumbuhan brand melalui marketing. Mereka telah menjadi panutan oleh orang-orang yang mengikutinya di media sosial.

Berikut adalah beberapa tingkatan influencer yang perlu diketahui:

Mega Influencer

Mega influencer adalah mereka yang punya jumlah pengikut lebih dari satu juta orang dan bahkan sering termasuk dalam kategori selebriti.

Jangan kaget jika mereka memiliki tarif yang sangat tinggi karena kualitas konten dan profesionalitasnya dalam bekerja.

Brand sering mengincar para mega influencer untuk melakukan promosi bersama untuk mencapai brand awareness dengan influencer marketing. Kepopuleran yang digandeng oleh mereka diberbagai platform, bukan hanya Instagram. Karena itu, mega influencer adalah kategori yang paling memiliki potensi untuk menjangkau audiens secara masif dengan cepat.

Penjelasan di atas mungkin terdengar sangat menggoda namun, mega influencer juga memiliki kekurangan. 

Kebanyakan dari mereka tidak memiliki hubungan yang inting dengan followers. Jika dibandingan oleh sosial media influencer lainnya yang memiliki hubungan lebih dekat. Itu sebabnya mega influencer ini kurang bisa dipercaya saat melakukan partnership dengan Anda. 

Keuntungan Bekerjasama Dengan Mega Influencer

  • Memberikan Dampak Awareness -- mega influencer adalah influencer yang paling berpotensi membawa Ana langsung ke audiens yang luas
  • Profesionalitas -- pengalaman dan jam terbang yang tinggi membuat mega influencer berkualitas.
  • Eksklusivitas -- Melakukan endorsement ke mega influencer yang tepat memberikan value lebih atas kredibilitas dan eksklusivitas untuk Anda.

Perhatikan Ini Sebelum Bekerjasama dengan Mega Influencer

  • Ketersediaan -- kompetitor Anda atau mungkin pemain bisnis di industri lain mungkin mengincar selebgram yang sama dengan Anda. Jadi mencari waktu untuk bekerjasama dengan mereka tidak mudah. Jadikan ini sebagai faktor dalam melakukan planning pada strategi influencer marketing Anda
  • Rate Card Influencer -- satu konten yang dihasilkan memiliki berbagai tarif, tergantung dari sow influencer yang diberikan. Namun, dengan berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan saat bekerjsama dengan mereka, budget yang harus dikeluarkan sangat tinggi.
  • Risiko -- Karena jangkauan yang luas, jika mega influencer melakukan sedikit saja kesalahan, hal tersebut dapat memengaruhi reputasi Anda
  • Relevansi -- Konten yang disponsori mungkin tidak terlalu otentik. Audienspun mengetahui hal tersebut.

Macro Influencer

Macro Influencer adalah influencer yang memiliki jumlah followers lebih sedikit dari mega, yaitu antara 100,000 -- 1,000,000.

Tipe influencer ini dikenal the best of the best. Karena meraup jumlah followers tinggi, tapi juga memiliki hubungan yang dekat dengan audiensnya. 

Cara macro influencer dalam membangun komunitas ini adalah bermula dari 0. Oleh karena itui, Mereka tahu audiens target mereka luar dan dalam. Mereka telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memahami apa yang mereka sukai dan apa yang tidak. Dan karena itu, prioritas macro influencer adalah menjaga hubungan yang kuat dengan pengikut mereka. Mereka tidak akan membahayakan kepercayaan itu atas pos sponsor yang tidak cocok dan tidak relevan bagi audiensnya.

Sesuatu yang harus Anda perhatikan adalah bahwa meskipun lebih terjangkau daripada mega influencer, banyak macro influencer juga memiliki agen yang siap untuk mendapatkan kesepakatan yang baik. 

Keuntungan Bekerjasama Dengan Macro Influencer

  • Relevansi -- macro influencer adalah influencer yang punya niche tertentu. Sehingga memiliki audiens yang sangat bertarget yang akan merespons dengan baik kolaborasi Anda jika relevan
  • Jangkauan -- beberapa macro influencer memiliki jangkauan yang besar dan tingkat keterlibatan yang baik, yang ideal untuk Anda yang memiliki brand awareness dan konversi sebagai campaign goals.
  • Profesionalitas -- macro influencer adalah salah satu influencer yang terbiasa bekerja dengan brand dan membuat konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan audiens mereka. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Ini Sebelum Bekerjasama dengan Macro Influencer

  • Enggagement -- macro influencer adalah influencer yang memiliki keterlibatan yang tinggi. Namun, tidak semua memiliki hal tersebut. Anda harus melakukan riset yang lebih jauh untuk menemukan siapa macro influencer yang benar-benar punya engagement yang bagus. 
  • Biaya -- banyak macro influencer di sosial media saat ini menandatangani kontrak dengan agensi influencer, dan sebagai hasilnya dapat meminta bayaran tinggi.

Micro Influencer

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline