Istilah paid promote muncul pertama kali saat influencer mulai merajalela di media sosial.
Brand memanfaatkan akun Instagram dalam beriklan untuk menargetkan followers yang dimiliki melalui paid promote dan endorsement.
Dulu, saat online marketing belum sebesar sekarang, teknik ini mirip dengan press realease. Di mana mempublikasi informasi melalui media massa untuk masyarakat luas.
Media massa = Instagram = akun influencer
Masyarakat luas = audiens = followers
Bedanya, informasi dikemas sedemikian rupa untuk press release sedankat paid promote dan endorsement bisa menyesuaikan gaya dan style dari influencer itu sendiri. Karena influencer tau, apa yang audiens mereka suka dan tidak.
Lalu, apa bedanyaa paid promote dan edorse? Simak penjelasan berikut.
Perbedaan Paid Promote dan Endorsement
Dengan perkembandan digital marketing tentu hadir berbagai istilah baru dalam marketing.
Paid promote dan endorsement, keduanya lahir dari aktivitas social media marketing, dan sudah tidak terdengar asing lagi.
Let's talk about paid promote.