surabaya - Kegiatan magang yang diakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Dalam Progam Studi Administrasi Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Menjadi Salah Satu Syarat Dalam Menyelesaikan Progam Strata Satu (S1).
Selain menjadi syarat kelulusan, kegiatan magang menjadi salah satu proses menerapan teori yang didapatkan selama perkuliahan kedalam dunia kerja selain itu mendapat pengalaman dan wawasan baru tentang divisi pelayanan pelanggan di PT PLN (Persero) ULP Perak.
PT PLN (PERSERO) ULP PERAK beralamat Jl. Tanjung sadari NO. 82 Surabaya Barat, Jawa Timur. PLN merupakan salah satu perusahaan penjual jasa listrik di Indonesia. Dalam pelayanan pendistribusian kelistrikan PLN membagi-bagi fungsi unit induknya ke dalam beberapa unit induk berdasarkan pada sistem tenaga listrik yaitu pembangkitan, transmisi, dan distribusi. Selain itu ada juga unit induk atau pusat-pusat lain sebagai penunjang berlangsungnya perusahaan. Karena luasnya cakupan wilayah kerja PLN, maka PLN memiliki unit-unit di seluruh wilayah Indonesia yang mempunyai fungsi masing-masing sesuai dengan unit induknya.
Penulis merupakan salah satu mahasiswa 17 agustus 1945 surabaya prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmus Sosial dan Politik, saya Lely indah wati yang melakukan kegiatan magang di PT PLN (PERSERO) ULP Perak selama 50 hari, Pelaksanaan kegiatan Magang mulai tanggal 06 Agutus 2022 sampai tgl 26 September 2022.
Penulis Magang dibagian Pelayanan Pelanggan divisi ini memiliki tugas diantaranya yaitu membuat surat PK (Perintah Kerja), mengoprasikan Aplikasi Pelayanan Terpusat (AP2T), Melayani Konsumen, Pengarsipan Data Induk Pelanggan Dll.
Teori Pendukung Kegiatan Magang yaitu :
- Informasi menurut Jogiyanto, Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Dapat dikatakan bahwa data merupakan bahan mentah, sedangkan informasi adalah bahan jadi atau bahan yang telah siap digunakan, Jadi, sumber dari informasi adalah data.
- Kepuasan Pelanggan Menurut Park (dalam Hasan, 2009: 57) kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan konsumen sebagai respon terhadap produk barang atau jasa yang telah dikonsumsi
- Citra Perusahaan (Sukatendel dalam Soemirat, 2003: 113). Hal positif yang dapat meningktakan citra perusahaan melalui keberhasilan perusahaan dan sejarah atau riwayat perusahaan. Dengan demikian, citra suatu perusahaan merupakan representasi dari suatu lembaga dengan harapan mampu mendorong citra perusahaan yang positif.
Saya Lely Indah Wati selaku mahasiswa Untag Surabaya yang telah selesai melalukan kegiatan magang di PT PLN (Persero) ULP Perak saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada ibu Sri Andayani M.M Selaku dosen pembimbing saya. serta banyak berterimakasih kepada pihak perusahaan PT PLN (Persero) ULP Perak yang dipimpin oleh bapak Manager Hendik Purwahyudi. Serta banyak terimakasih kepada ibu Kartika Desi Ekawati dan ibu Vivi Islamiyah yang sudah meluangkan waktu membimbing saya selama magang berlangsung dan para staff PT PLN lainya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H