Lihat ke Halaman Asli

Lely PutriArum

Hallo aku Lely

Kelurahan Kedung Baruk Optimalkan Pelayanan Pawai Jebol Anduk

Diperbarui: 25 Juni 2022   16:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tahun 2021 Pemerintah Kota Surabaya mengeluarkan program pelayanan pawai jebol anduk atau biasa disebut dengan pelayanan jemput bola administrasi kependudukan. Program layanan ini dilakukan Dispendukcapil Surabaya bekerjasama dengan Kelurahan – Kelurahan yang ada di Surabaya untuk mengumpulkan para warga dalam melakukan administrasi kependudukan. Untuk mengoptimalkan program pelayanan pawai jebol, Kelurahan Kedung Baruk melaksanakan program ini seminggu sekali di tiap – tiap balai RW. Tujuannya untuk menumbuhkan kesadaran warga untuk tertib administrasi kependudukan.

Dalam wawancara Kamis, 9/6/2022 dengan Roosie Andriani, S. E (40) selaku Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik di Kelurahan Kedung Baruk, Ia menegaskan bahwa pelayanan pawai jebol anduk merupakan pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan di balai - balai RW dengan tujuan pawai jebol anduk dapat memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi dalam bidang kependudukan, kesehatan, dan perijinan, selain itu tujuan yang kedua untuk membangun chemistry antara kelurahan kedung baruk dengan warga. Roosie Andriani juga menegaskan bahwa sasaran utama dalam pelayanan pawai jebol anduk yaitu warga yang sudah sepuh atau tidak bisa mengurus administrasi kependudukan di kelurahan seperti warga yang bekerja, dan warga yang gagap teknologi. Pelayanan pawai jebol anduk di Kelurahan Kedung Baruk untuk saat ini rutin dilakukan seminggu sekali  di balai – balai RW pada jam 16.00 – 18.00 waktu Indonesia bagian barat, alasan pemilihan pada jam tersebut karena kebanyakan warga pada jam tersebut sudah pulang bekerja sehingga warga memiliki waktu yang luang.

Tanggapan warga mengenai pelayanan pawai jebol anduk Selasa, 7/6/2022 yang diadakan di balai RW 3 Kelurahan Kedung Baruk, Achmad Taufik Kurniawan (28)  saat mengurus pembaruan Kartu Keluarga atau KK berbarcode menurutnya pelayanannya sangat membantu karena warga juga diajarkan klampid login warga step by step sehingga Ia paham dan mempu menggunakannya. Selain itu tanggapan dari ketua RW 3 terkait pelayanan pawai jebol anduk Sukir (45) berterima kasih kepada pemerintah Kota Surabaya karena telah mengadakan program pelayanan pawai jebol anduk, Ia merasa bahwa warganya cukup senang dan terbantu dalam mengurus admistrasi kependudukan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline