Lihat ke Halaman Asli

Leli Dwi Anggraeni

pegawai swasta

Review Lenovo Ideapad 3

Diperbarui: 1 Mei 2023   11:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Lenovo merupakan salah satu produsen laptop yang bukan hanya memproduksi laptop kelas atas dan mahal. Tapi ia juga memproduksi laptop kelas entry level. Kebutuhan orang yang memang berbeda-beda, membuat Lenovo bergerak untuk membuat laptop khusus untuk kamu yang butuh laptop hanya untuk ngerjain tugas-tugas ringan dan hiburan. Seperti nonton film dan video, streaming lagu, dan juga game-game ringan. Lenovo Ideapad Slim 3 ini bisa kamu jadikan pilihan yang bisa di bilang sangat best deal untuk menunjang aktivitas kamu. Yuk kita simak spesifikasinya.

Spesifikasi

Lenovo Ideapad 3 di tenagai dengan Intel Celeron N4020 2-core 2-thread. Dan dengan mengandalkan layar resolusi FullHD dengan panel layar IPS. Laptop ini juga di bekali dengan SSD 256 GB NVME PCIe Gen 3. Dan juga di sematkan RAM DDR4 dengan kapasitas 4GB. 

Desain

Desain laptop ini sendiri sangat khas seperti laptop Lenovo biasanya. Simple namun elegan, menjadikan sebuah daya tarik bagi laptop ini. Mungkin kamu juga bisa langsung jatuh cinta pas lihat desainnya yang cantik. Dengan warna yang gak bakal bosenin dan akan selalu relate sampai waktu yang cukup lama. Dan untuk materialnya ia menggunakan polikarbonat yang terasa kokoh. Sehingga laptop masih tetap terasa ringan dan nyaman ketika akan di bawa untuk bepergian. 

Lenovo Ideapad 3 ini juga memiliki dua port USB-A 3.1, dua port USB-C 3.1, headphone jack, dan slot untuk kartu microSD. Port tersebut juga di tempatkan dengan sangat baik dengan satu USB-A dan satu USB-C di setiap sisi. Dan yang sangat mengejutkan patut untuk diberi acungan jempol adalah dimana laptop ini sudah mendukung untuk mengecas menggunakan colokan USB-C dengan daya maksimal sebesar 45 watt. 

Keyboard dan Trackpad

Ideapad 3 hadir dengan keyboard tanpa lampu backlit. Keyboardnya pun bisa di bilang cukup lebar sehingga akan membuat kamu nyaman ketika mengetik dan mengerjakan tugas-tugasmu. Bisa di bilang ini merupakan keyboard yang bagus mengingat harganya yang bisa dibilang cukup murah. Kemudian trackpad yang ada pada laptop ini juga tidak di desain sejajar dengan timbol spasi. Trackpad dengan desain seperti pada laptop ini lebih banyak di sukai daripada desain trackpad yang di buat sejajar dengan tombol spasi, karena lebih memudahkan dan lebih nyaman. Selain desain, trackpad pada Ideapad 3 ini juga cukup responsif tidak ada delay sama sekali ketika di gunakan, sehingga kamu tidak perlu menggunakan mouse tambahan ketika menggunakan laptop ini. 

Kinerja dan Software

Di tenagai oleh Intel Celeron N4020 (Gemini Lake-R), hanya bisa di gunakan untuk melakukan pekerjaan ringan saja dan tidak bisa kamu gunakan untuk aktivitas berat seperti editting. Juga RAM yang hanya memiliki kapasitas 4GB ini juga sangatlah pas-pasan atau bahkan kurang walau hanya sekedar melakukan browsing dan membuka beberapa tab. Namun meski begitu tenang saja. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat laptopmu tidak terlalu berat. Dengan tidak menginstall banyak aplikasi atau bijak ketika sedang browsing dengan menutup tab yang sudah tidak kamu butuhkan misalnya. 

Haruskah Kamu Membelinya?

Jawabannya adalah tergantung, jika budget yang kamu miliki terbatas, Lenovo Ideapad 3 ini merupakan jawaban yang sangat pas dan tepat. Laptop ini memiliki beberapa aspek yang sangat baik dan sangta patut untuk di pertimbangkan namun juga tetap memiliki kekurangan. Dan itu semua kembali pada keputusanmu. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline