Lihat ke Halaman Asli

Leli Dwi Anggraeni

pegawai swasta

Bahaya Cas Laptop dengan Charger KW

Diperbarui: 27 April 2023   20:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Memiliki barang elektronik dengan harga yang cukup mahal seperti laptop pasti membuat kita berfikir untuk lebih bisa menjaga dan merawat barang tersebut agar bisa awet dan dapat kamu gunakan dalam waktu yang lama.

Namun terkadang ada sebagian orang yang menggunakan barang tersebut dengan tidak penuh kehati-hatian sehingga menyebabkan adanya beberapa item atau bagian yang rusak pada laptop. Contoh yang cukup sering kita temukan adalah charger laptop. Ketika charger laptop mengalami kerusakan, kita pasti akan berusaha untuk membeli charger baru agar bisa menggunakan laptop kita kembali. 

Namun ada beberapa kendala, yakni harga charger ori yang cukup mahal, harus pesan terlebih dahulu dengan waktu yang cukup lama, atau bahkan charger ori dengan tipe tersebut sudah tidak di produksi kembali. Waduh pasti kamu akan bingung sekali. Tapi meskipun begitu kamu akan di berikan solusi alternatif oleh si penjual, yakni charger KW yang katanya masih sama-sama bisa di gunakan sama seperti charger ori bawaannya.

Tapi kamu pernah kepikiran gak sih sebetulnya bahaya atau tidak apabila mengecharge laptop namun tidak memakai charger ori? apakah akan merusak kompnen yang ada di dalam laptop? apakah tegangan yang di hasilkan oleh charger KW ini sama dengan charger ori? Tanpa berlama-lama yuk kita bahas bersama. 

Beberapa Dampak Buruk dari Penggunaan Charger KW

1. Arus Output Yang Tidak Stabil

Penyebab dari output yang tidak stabil adalah karena tidak maksimalnya fungsi dari filter choke, transformer, dan power inductor.

2. Soket Charger Mengalami Konsleting

Mencharge laptop dengan charger KW dapat mengakibatkan konsleting pada socket charger. Akibatnya laptop tidak dapat di cas dan perlu dilakukan pembongkaran untuk memperbarui socket charger. 

3. Rusaknya Main Board 

Bukan hanya terjadi konsleting pada socket charger namun main board juga bisa terkenda dampak dari penggunaan charger KW. Rusaknya main board merupakan kerusakan yang sangat fatal pada laptop. 

4. Baterai Menjadi Cepat Rusak 

Dampak buruk selanjutnya adalah baterai menjadi cepat rusak karena output listrik yang tidak stabil. Dan juga perubahan arus AC yang tidak maksimal oleh adaptor charger. 

 

Dimana Kamu Bisa Service Laptop Kamu? 

Kamu tidak perlu bingung dan khawatir, apabila laptop kamu terlanjur mengalami kerusakan kamu bisa membawa laptop kamu ke Bang Amin IT. Kamu tidak pelru khawatir untuk biayanya, karena menyesuaikan dengan tingkat kerusakan yang terjadi dan kita selalu melakukan service apapun mulai dari ringan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline