Lihat ke Halaman Asli

Leli Dwi Anggraeni

pegawai swasta

Cara Menyalin File dengan Cepat Pada Windows 10 dan 11

Diperbarui: 11 April 2023   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Meskipun dialog box penyalinan di Windows mungkin tampak sepele, ada beberapa cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna ketika melakukan tugas menyalin dan menempel. Terkadang, menyalin banyak file bisa memakan waktu yang lama. Dan pada versi Windows 7 dan sebelumnya, seluruh proses akan berhenti dan memerlukan intervensi pengguna ketika terjadi kesalahan.

Untungnya, masalah ini telah diatasi di Windows 10 dan 11. Meskipun demikian, masih ada cara untuk mempercepat tugas menyalin file di Windows dengan metode lainnya. Mari kita lihat cara untuk meningkatkan kecepatan menyalin file di Windows.

1. Gunakan Pintasan Keyboard untuk Menyalin File Lebih Cepat

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan efisiensi kerja di hampir semua perangkat lunak. Termasuk File Explorer, adalah dengan menggunakan pintasan keyboard. Untuk melakukan operasi dasar seperti menyalin, memotong, dan memindahkan file, Anda perlu menguasai beberapa pintasan keyboard yang umum di gunakan.

Penting untuk menguasai pintasan Ctrl + X untuk memotong file, Ctrl + C untuk menyalin file, dan Ctrl + V untuk menempelkan file di lokasi yang baru. Dengan memotong file, file akan dipindahkan ke clipboard dan dihapus dari lokasi aslinya setelah ditempelkan. Sedangkan menyalin file akan membuat salinan file dan tetap mempertahankan file aslinya.

Selain itu, terdapat pintasan keyboard lain yang berguna di File Explorer seperti Ctrl + Shift + N untuk membuat folder baru. Alt + Left/Right untuk melompat ke folder sebelumnya dan selanjutnya. Serta Alt + Up untuk melompat ke tingkat hierarki folder yang lebih tinggi.

Untuk memudahkan memindahkan semua konten folder saat ini dari satu lokasi ke lokasi lain, dapat menggunakan pintasan Ctrl + A untuk memilih semua konten folder secara simultan. Untuk mempelajari cara mengoptimalkan penggunaan papan klip Windows, dapat mengeksplorasi lebih lanjut.

2. Pelajari Pintasan Mouse untuk Menyalin Lebih Cepat

Apabila Anda lebih memilih menggunakan mouse daripada pintasan keyboard, terdapat beberapa cara yang dapat membantu Anda menyalin dan menempel file dengan lebih cepat.

Anda dapat menahan tombol Ctrl dan mengklik beberapa file untuk memilih semuanya, terlepas dari letak file tersebut pada halaman. Selain itu, Anda juga dapat memilih beberapa file dalam satu baris dengan mengklik file pertama. Kemudian menahan tombol Shift sambil mengklik file terakhir. Cara ini memudahkan Anda untuk memilih sejumlah besar file untuk disalin atau dipotong.

Biasanya, mengklik dan menyeret file menggunakan tombol kiri tetikus akan memindahkannya ke lokasi baru, seperti halnya saat memotong dan menempel. Namun, jika Anda mengklik dan menyeretnya dengan tombol kanan mouse, maka akan muncul sebuah menu kecil. Dalam menu ini, Anda dapat memilih apakah ingin menyalin atau memindahkan file, sehingga dapat menjadi alternatif yang berguna jika Anda tidak ingin menggunakan pintasan keyboard karena beberapa alasan.

3. Gunakan Windows 10 atau 11 untuk Menyalin File Dengan Cepat

Sebelumnya telah di sebutkan bahwa antarmuka penyalinan pada versi Windows modern jauh lebih baik dibandingkan dengan Windows 7 dan sebelumnya. Dibandingkan dengan sebelumnya, antarmuka ini lebih cepat dan menunjukkan grafik kecepatan penyalinan dari waktu ke waktu.

Selain itu, ketika menyalin beberapa set file secara bersamaan, Windows 10 menggabungkan semuanya dalam satu jendela. Sehingga Anda tidak perlu membuka banyak jendela. Anda juga dapat menjeda atau melanjutkan proses individual untuk memprioritaskan satu operasi atau menjeda transfer yang lama saat Anda menggunakan komputer untuk hal lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline