Lihat ke Halaman Asli

Leli Dwi Anggraeni

pegawai swasta

Cara Mengetahu Usia Laptop dan Desktop Windowsmu

Diperbarui: 6 April 2023   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Usia Laptop atau Desktop Windows - Menentukan usia komputer Windows Anda dapat membantu dalam banyak situasi. Baik Anda membeli komputer bekas atau mendapatkan hadiah, mengetahui usia laptop dapat membantu Anda menentukan masa garansi dan kemampuan upgrade perangkat.

Salah satu cara untuk memeriksa usia komputer Anda adalah dengan memeriksa kemasan aslinya. Dalam kebanyakan kasus, kemasan asli akan memiliki label dengan informasi manufaktur di atasnya. Jika kemasan aslinya hilang atau hilang, Anda dapat menemukan tanggal produksi dan informasi penting lainnya tentang komputer Anda sebagai berikut. 

1. Gunakan Nomor Seri untuk Memeriksa Status Garansi

Nomor seri dan informasi produksi lainnya seperti merek, ID produk, dan nomor model sering kali tercetak di bagian belakang laptop Windows. Setiap laptop memiliki nomor seri yang unik.

Informasi ini dapat digunakan untuk memeriksa garansi laptop Windows. Status garansi dapat memberikan gambaran usia sistem yang lebih akurat daripada hanya mengecek tanggal pembuatan.

Cara mengecek status garansi laptop HP Anda. Prosesnya mungkin sama untuk OEM lain, tetapi Anda harus menggunakan layanan status garansi online pabrikan untuk mengetahui hal yang sama.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memeriksa nomor seri laptop Windows Anda:

  • Balikkan laptop Windows Anda dan perhatikan panel belakangnya. Pada laptop HP, Anda akan menemukan beberapa detail tercetak kecil di tepi panel. Di perangkat lain, Anda mungkin menemukan stiker nomor seri dengan kode batang dan detail lainnya.
  • Cari nomor seri (SN#) yang tertera di panel belakang perangkat Anda. Nomor seri biasanya terdiri dari beberapa angka dan huruf, seperti contohnya -- 5CD119FWWZ. Catat nomor seri tersebut. Anda bisa mengklik gambar untuk referensi yang lebih mudah.
  • Selanjutnya, buka halaman HP Check Warranty (atau layanan serupa dari Dell, Asus, Lenovo, atau OEM lainnya) untuk memeriksa status garansi secara online.
  • Masukkan nomor seri laptop Anda pada bidang yang tersedia dan klik tombol "Kirim".

Setelah memasukkan nomor seri laptop Anda, tunggu hingga halaman detail garansi perangkat muncul. Untuk mengetahui usia perangkat, perhatikan tanggal mulai garansi. Biasanya, tanggal mulai garansi dimulai ketika pengguna mendaftarkan perangkat setelah melakukan penyiapan awal.

Meskipun bukan alat anti kerusakan, informasi garansi seringkali sudah cukup untuk mengetahui usia dan nilai laptop Windows Anda.

2. Periksa Nomor Seri Menggunakan Command Prompt

 

Jika nomor seri tidak terlihat atau stiker dihapus, Anda dapat menggunakan utilitas baris perintah Instrumentasi Manajemen Windows untuk memulihkan nomor seri komputer Anda.

Untuk melihat nomor seri laptop Windows menggunakan Command Prompt:

  1. Tekan tombol Win dan ketik cmd .
  2. Klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator.
  3. Di jendela Command Prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter:
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline