Istilah digital marketing tentu tak asing bagi kita sekarang terutama di dunia bisnis. Sering kita lihat bahkan di semua media sosial terdapat digital campaign. Digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran di platform media digital yang dilakukan secara online menggunakan perangkat elektronik. Dengan adanya digital marketing ini tentu akan mempermudah konsumen dan pelanggan untuk memperoleh seluruh informasi mengenai detail produk atau jasa apa yang kita pasarkan dan dengan adanya digital marketing juga memudahkan kita dalam berinteraksi melalui internet dengan siapa pun,dimana pun, dan kapan pun tanpa batasan waktu dan geografis. Nah, bagaimana sih digital marketing itu sendiri dapat mempercepat pertumbuhan bisnis?
Karena digital marketing dapat menjangkau lebih banyak sasaran pelanggan maka hal ini juga tentu akan berdampak pada penjualan. Hampir setiap orang akan menelusuri sebuah produk atau layanan sebelum membelinya mengingat sekarang sudah jamannya digitalisasi. Dengan penerapan digital marketing maka setiap pelaku bisnis perlu mendongkrak penjualan yang mereka jalankan. Akibatnya, setiap pelaku usaha saling berkompetisi membuat strategi marketing untuk menarik konsumen secara cepat. Pelanggan atau customer merupakan salah satu hal penting dalam suksesnya suatu bisnis. Dengan adanya digital marketing dapat menjadi sarana penghubung yang baik dengan konsumen
Digital marketing juga tidak hanya dapat membantu pemilik bisnis untuk mendapatkan pelanggan tetapi juga untuk dapat menghemat anggaran atau biaya promosi. Karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk promosi secara fisik seperti spanduk atau poster, papan nama toko dan bahkan melakukan penyebaran brosur. Dengan menggunakan digital marketing perusahaan dapat menghemat waktu, biaya promosi, dan menghemat tenaga tentunya. Perusahaan dapat dengan mudah untuk menentukan targeting yang spesifik dengan data pengguna online yang mungkin tertarik pada produk atau layanan mereka. Data pengguna online juga dapat membantu perusahaan untuk menyesuaikan produk atau layanan agar lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan menggunakan berbagai platform digital setiap pelaku bisnis dapat membangun citra merek dengan cepat sehingga strategi marketing, testimonial dan ulasan online dapat membantu membentuk persepsi positif terhadap bisnis itu sendiri.
So, digital marketing memang sangat penting untuk pertumbuhan bisnis supaya dapat menciptakan bisnis yang berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan penjualan secara efektif. Tidak hanya strategi digital marketing yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan bisnis sebagai pelaku bisnis juga harus selalu tetap konsisten dalam menjalankan bisnis. Lakukan banyak action to grow up your business. Ciptakan unique selling dan inovasi tersendiri supaya tetap dapat stand out dan menjadi pembeda dengan bisnis yang lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H