Lihat ke Halaman Asli

Auliana Puspaningrum

Learn to know more!

Puncak Pato, Wisata Sejarah dan Keindahan Panorama di Bukit Marapalam

Diperbarui: 23 Februari 2022   21:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada umumnya, ketika wisatawan pergi berkunjung ke tempat wisata puncak gunung, kebanyakan area yang wisatawan kunjungi hanya menyajikan keindahan pemandangan dan pohon pohon tinggi menjulang yang ada di sekitar area tersebut. Lain halnya, jika para wisatawan berkunjung ke puncak gunung yang satu ini. Wisata Puncak Pato, namanya. Terletak di Kecamatan Lintau Buo Utara, di Nagara Batu Bulek, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Puncak Pato ini selain memiliki pemandangan yang luarbiasa indah, banyak pohon pinus dan udara yang sangat sejuk, serta ada juga peristiwa peristiwa bersejarah yang dapat dipelajari selagi berwisata. Salah satu contoh peristiwa bersejarahnya adalah peristiwa sejarah Minangkabau yang disebut dengan Sumpah Satiah Bukit Marapalam. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi, di dalam artikel ini akan dijelaskan lebih mendalam tentang bagaimana indahnya Puncak Pato serta peristiwa bersejarah yang ada di dalamnya.

Wisata Puncak Pato adalah wisata yang sangat digemari oleh masyarakat setempat. Tempat wisata ini sudah lama dan selalu ramai dikunjungi di akhir pekan maupun hari biasa, baik anak-anak, remaja, maupun orang tua karena memang unik dan sangat menarik untuk di kunjungi. Tidak sedikit juga pasangan muda mudi yang mengunjungi tempat ini, dikarenakan tempat ini tergolong tempat yang romantis dan cocok untuk bercengkrama. Puncak Pato menawarkan panorama yang indah, pemandangan alam yang sangat luar biasa yang dapat membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di area ini. Untuk kebersihannya pun sangat terjamin karena area Puncak Pato selalu dibersihkan dan dikelola, serta dipantau dengan baik oleh para pegelola.

Ketika wisatawan berada di atas Puncak Pato, wisatawan akan melihat pemandangan pemukiman penduduk Kecamatan Sungayang, yang disertai dengan hamparan sawah yang indah dan hijau. Apabila wisatawan datang pada saat cuaca cerah, maka wisatawan dapat melihat keindahan danau Singkarak, walaupun terkadang tertutup awan pada kondisi cuaca tertentu. Tetapi, bukan itu saja yang dapat wisatawan lihat di Puncak Pato. Dari atas puncak, wisatawan dapat melihat gunung merapi dengan sangat jelas dan dapat terlihat juga asap yang membumbung tinggi yang di keluarkan gunung Merapi tersebut.

Udara di Puncak Pato ini terbilang cukup dingin, baik malam, maupun di siang hari. Hal ini menyebabkan warga dan masyarakat untuk memanfaatkan kelebihan cuaca ini dengan menanam berbagai sayuran, berbagai macam tanaman, serta tanaman tebu. Dari hasil tebu tersebut, masyarakat juga banyak yang membuat gula saka, yang proses pembuatannya dapat dilihat secara langsung, serta produk hasilnya dapat dibeli dan dinikmati.

Peristiwa bersejarah yang ada di Puncak Pato adalah Sumpah Patiah Bukit Marapalam. Sumpah Patiah Bukit Marapalam memegang pengaruh yang sangat besar terhadap budaya adat Minangkabau hingga sekarang ini, dikarenakan sumpah ini dibuat agar tercapainya kesepakatan antara kaum agama dan kaum adat Minangkabau. Di dalam perjanjian ini, ada kesepakatan yaitu menyatukan kaum adat dan kaum agama, dimana ini bukan suatu hal yang dipertentangkan. Isi Sumpah Satiah Bukit Marapalam adalah; "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah" yang artinya, "Adat yang di dasarkan kepada agama islam dan syari'at di dasarkan kepada Al-Qur'an dan Hadist."

Dokpri

Setelah tercapainya kesepakatan ini, maka untuk itu didirikan tiga buah patung niniak mamak yaitu orang yang di tuakan dalam adat, atau disebut juga dengan "Tungku Tigo Sajarangan" dalam mengenang sejarah tersebut. Tidak lupa juga, adanya rumah adat khas Minangkabau dengan karakteristik utamanya yaitu bangunan yang beratap tingkat, berundak dan bergonjong.

Dokpri

Apabila berbicara destinasi wisata, tentu tidak dapat lepas dengan pengelolaan dan pelayanan. Pada awalnya, Wisata Puncak Pato terdapat banyak sampah yang berserakan, coret-coretan dinding dengan kata yang tidak enak, dan terlihat seperti tidak terkelola dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline