Lihat ke Halaman Asli

Ali Mubarok

Perangkat Desa Luwungragi

Koperasi Kematian : Sedia Busana Pamungkas Tanpa Jahitan

Diperbarui: 8 Maret 2020   13:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koperasi Kematian dokpri

Kullu nafsin dzaiqatul maut
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Q. S. Ali Imran : 185

Sesungguhnya sebaik-baik pelajaran adalah kematian, oleh sebab itu Rasulullah dalam sebuah hadits menyatakan orang yang paling cerdas adalah yang paling banyak mengingat mati dan mempersiapkan diri menghadapinya.

Dalam masyarakat muslim kewajiban pengurusan terhadap jenazah (orang yang telah meninggal dunia) ada 4 hal yang mesti dilakukan oleh orang yang hidup. Empat hal ini dihukumi fardhu kifayah, artinya harus ada sebagian kaum muslimin yang melakukan hal ini terhadap mayit. Jika tidak, semuanya terkena dosa.

Empat hal yang mesti dilakukan terhadap mayit oleh yang hidup adalah:
1- Memandikan
2- Mengafani
3- Menyolatkan
4- Menguburkan

Butuh Gotong Royong


Dalam suasana duka keluarga yang mendapat musibah kematian sangatlah membutuhkan bantuan masyarakat sekitar untuk mengurus jenazahnya.
Lingkup masyarakat kecil tingkat RT RW biasanya sudah terbiasa dalam mempersiapkan segala sesuatunya untuk hal ini, baik yang sudah terorganisir ataupun dadakan. Mereka biasanya ada yang disambat (dimintai pertolongan) untuk menggali kubur, ada yang mempersiapkan pemandian jenazah sampai mempersiapkan untuk mengkafani jenazah.

Toko Perlengkapan Pengurusan Jenazah : Jual Alat Kematian .dokpri

Kebutuhan perlengkapan ini tidak banyak toko atau pedagang yang menyediakannya secara lengkap. Biasanya dalam satu wilayah kecamatan paling ada hanya satu atau dua toko yang sedia perlengkapan pengurusan jenazah. Kebutuhan yang biasa diperlukan adalah kebutuhan untuk memandikan mayit dan kebutuhan untuk mengkafaninya. Kebutuhan itu biasanya berupa sabun, sampo, bubuk kayu bidara, minyak wangi, kapas, kapur barus, kain mori/lawon/kain kafan, papan kemul/penutup Liang Lahat, sampai dengan Nisan/tenger.

Nota Kebutuhan Perlengkapan Pengurusan Jenazah : Total Rp. 645.000,-

Koperasi Kematian

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline