Lihat ke Halaman Asli

Ibu Bagi 3 Pemain Timnas Philipina

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

12925155761382757800

Pertandingan sepak bola Indonesia vs Philipina telah berakhir dengan skor 1-0 untuk Indonesia. Pertandingan yang tentu terasa lebih berat di banding pertandingan-pertandingan sebelumnya. Gol satu-satunya dari Indonesia yang dicetak oleh Gonzales pun merupakan buah kerja keras dari beberapa peluang yang kita lihat tidak begitu banyak. Selain itu beberapa pemain kita pun mendapat "jatah" kartu kuning termasuk Gonzales.Saya sempat menarik nafas setiap kali Gonzales terlibat adu fisik dengan pemain Philipina. Khawatir emosinya terpancing dan lepas kontrol, untunglah di usia yang ke-34 tahun Gonzales terlihat lebih stabil.

Gegap gempita juga mewarnai tempat kita menonton. Tidak kemana-mana memang, di kamar kost saja. Wah, tapi asyik luar biasa dan perempuan semua lho...Komentar pertama tentu masalah fisik dan face para pemainPhilipina yang cakep-cakep itu terutama dua bersaudara Yonghusband.Aduh, Mak ! Tapi koq ternyata mereka temperamental ya. Bisa-bisa KDRT nih kalau berumah tangga dengan orang cakep tapi nggak bisa mengontrol emosi (lagian emang mereka mau ma kita ? he he hee...).

Para pemain Timnas Philipina hasil naturalisasi itu memang menjadi buah bibir di berbagai media kita. Tidak tanggung-tanggung, ada 9 pemain. Kita baru 2 yaitu Irfan Bachdim dan Christian Gonzales. Para pemain Philipina  hasil naturalisasi itu adalah :

  1. Jason de jong
  2. Neil Etheridge
  3. Robert James Dazo Gier
  4. Ray Anthony Jonsson
  5. Manuel Ott
  6. James Joseph Placer Younghusband
  7. Philip James Placer "Phil" Younghusband
  8. Alexander Charles Luis Borromeo
  9. Christopher Robert Barbon Chris Greatwich

Saya pun merasa tertarik untuk mengetahui mengapa mereka mau untuk bergabung di Timnas Philipina. Di negara yang warga negaranya menggemari Bola Basket dan Tinju, apa yang di cari dari olah raga sepak bola ? Saya pun menemukan 3 dari 9 pemain naturalisasi itu ternyata memiliki garis keturunan Philipina dari sang Ibu. Sayang sekali "hanya" 3 yang saya peroleh karena 6 pemain lainnya tidak ada keterangan tentang ayah atau Ibu mereka yang berasal dari Philipina. 3 pemain itu adalah :

Jason de Jong (lahir tahun 1990)

Neil Etheridge (Lahir tahun 1990)

1292516854858153139

Ray Anthony Jonsson (Lahir tahun 1979)

12925167061772878187

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline