Lihat ke Halaman Asli

LEAFCODER

leafcoder adalah penulis

6 Tips Aman Berselancar di Internet

Diperbarui: 20 Januari 2020   10:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Era teknologi saat ini, sangat aneh jika Anda belum mengenal tentang Internet. Hampir semua lapisan masyarakat di dunia pasti sudah tahu & menggunakan Internet di kehidupan sehari-harinya. Pada artikel ini, Saya akan coba berbagi tentang 6 Tips Aman Berselancar (Browsing) di Internet yang bisa Anda implementasikan saat menjelajah di dunia Internet.

Ini dia 6 Tips Aman Berselancar di Internet!

1. Pakailah kombinasi yang sulit untuk semua passwordmu di internet. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan symbol.

2. Ketika login, utamakan website dengan fitur HTTPS daripada HTTP. Jika kamu belum tahu tentang HTTPS, silakan baca artikel tentang HTTPS disini. Website dengan protokol HTTPS lebih aman secara teknikal.

3. Jangan sekali-kali klik link yang mencurigakan.

4. Jika ada seseorang yang mengirim pesan ke akunmu, selalu selidiki terlebih dahulu sebelum melakukan aksi lanjutan.

5. Jika ada pilihan membuat pertanyaan bantuan untuk pemulihan akun ketika lupa password, pakailah pertanyaan dan jawaban yang susah ditebak orang lain.

6. Hindarilah mengakses website & social media menggunakan computer yang kurang aman & terjamin tingkat keamanannya, misalnya warnet yang reputasi dan sistem keamanannya kurang baik. Selalu gunakan personal computer / personal gadgets.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, sedia paying sebelum hujan. Ingat, penjahat tidak hanya ada di dunia nyata saja. Di internet juga banyak oknum yang berencana untuk merugikanmu. Semoga bermanfaat dan share artikel ini ke keluargamu agar lebih bijak & lebih aman lagi dalam berselancar di internet. Tips diatas saya sadur dari Leafcoder.org.

Itu dia ke 6 tips berselancar di Internet yang wajib Anda ketahui! Semoga bermanfaat!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline