Lihat ke Halaman Asli

UCARE INDONESIA

Lembaga yang mengelola dana ZISWAF dan dana kemanusiaan

7 Alasan Sedekah di Pagi Hari

Diperbarui: 12 September 2024   17:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: freepik.com/jcomp

Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk selalu bersedekah, baik dalam keadaan lapang maupun sempit. Salah satu waktu terbaik untuk bersedekah adalah di pagi hari.

Berikut ini adalah tujuh alasan mengapa bersedekah di pagi hari memiliki keutamaan yang istimewa:

1. Mengundang Berkah di Hari Itu

Sedekah yang dilakukan di pagi hari dapat menjadi sumber keberkahan sepanjang hari. Ketika kita memulai hari dengan amal kebaikan seperti sedekah, Allah SWT akan melimpahkan berkah dan rahmat dalam setiap aktivitas yang kita lakukan.

Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW yang bersabda, "Tidaklah suatu pagi berlalu kecuali ada dua malaikat yang turun, satu di antara mereka berdoa: 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq.' Dan malaikat yang satu lagi berdoa: 'Ya Allah, berikanlah kebinasaan bagi orang yang kikir.'" (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Membuka Pintu Rezeki

Salah satu cara untuk membuka pintu rezeki di pagi hari adalah dengan bersedekah. Allah SWT berjanji bahwa orang yang bersedekah akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda. Dengan bersedekah di awal hari, kita menunjukkan keikhlasan untuk berbagi, dan ini menjadi salah satu cara untuk menarik pintu rezeki dari Allah.

Dalam Al-Qur'an, Allah berfirman, "Apa saja harta yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya" (QS. Saba': 39).

3. Mengusir Bala dan Musibah

Sedekah di pagi hari dapat menjadi perisai dari berbagai bencana dan musibah yang mungkin menimpa sepanjang hari. Dengan bersedekah di awal hari, kita berharap perlindungan dari Allah SWT terhadap segala hal buruk yang mungkin terjadi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline